Melebihi Target, Sulteng Sukses Layani 30 Ribu Lebih Aseptor di Harganas 2020

oleh -
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, Maria Ernawati (FOTO : IST)

PALU –  Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melampaui target dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta akseptor pada momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 27, senin 29 Juni 2020.

Sebelumnya Sulteng menargetkan pelayanan KB sebanyak 24.916 akseptor di moment tersebut. Pada hari pelayanan, data yang masuk hingga pukul 20.30 Wita menunjukkan angka 30.176 akseptor yang terlayani.

“Alhamdulillah, Sulteng berhasil mencapai kurang lebih 121,1 persen dari target yang ditentukan,” ujar Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng, Maria Ernawati, Selasa (30/06).

Kata maria, capaian itu tidak lepas dari kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat, di antaranya para  Penyuluh KB (PKB), Petugas Lapangan KB (PLKB), Kader IMP, Petugas Faskes KB yang bertugas di lapangan pada saat pelayanan, juga para Operator kabupaten/ kota yang membantu dalam merekap data akseptor yang dilayani.

Dia menjelaskan, capaian tersebut merupakan kerja nyata yang diberikan oleh BKKBN Sulteng dalam rangka mendukung pencapaian rekor Muri yang ditargetkan oleh BKKBN Pusat. Menurutnya, pelayanan KB sejuta akseptor di Sulteng menunjukkan kualitas yang baik, karena dapat menjangkau kurang lebih 30 persen pelayanan KB untuk metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“Apa yang kita raih kali ini tidak lepas dari dukungan yang sangat besar dari pemerintah Provinsi Sulteng, para OPD KB di kabupaten/ kota, juga Ikatan Bidan Indonesia. Saya ucapkan banyak terima kasih, ucapnya. (YAMIN)