KPU Poso Gelar FGD Evaluasi Fasilitas Kampanye Pilkada Serentak 2020

oleh -
Kegiatan FGD Berlangsung di Aula Cottage Siuri, Kecamatan Pamona Barat Pada Sabtu (27/03) (FOTO : MAL/MANSUR)

POSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso dan KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar  Forum Group Discussion (FGD) terkait evaluasi fasilitas kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Poso tahun 2020.

FGD yang berlangsung selama  satu hari ini, dilaksanakan di Pantai Siuri, Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Barat, Sabtu (27/3). Diikuti oleh seluruh perwakilan Parpol peserta Pilkada, perwakilan Pers, Bawaslu Poso, seluruh komisioner KPU bersama sekertariat, serta para tim pakar  yang dilibatkan saat pelaksanaan debat Calon Bupati lalu.

Ketua KPU Kabupaten Poso Budiman Maliki dalam sambutannya usai pembukaan FGD mengatakan, meskipun pelaksanaan Pilkada 2020 sudah dilalui dan telah berjalan dengan aman, tertib dan lancar, namun FGD yang dilakukan ini merupakan hal yang sangat penting dalam mengevaluasi kinerja-kinerja para penyelenggara.

Menurut dia, meskipun berlangsung aman dan lancar,Parpol peserta Pilkada, serta insan Pers perlu memberikan masukan kepada KPU ataupun Bawaslu Poso sebagai penyelenggara agar kedepan pelaksanaan Pilkada atau Pemilu serentak bisa berjalan lebih maksimal lagi.

‘’Alhamdulillah hasil dari pelaksanaan Pilkada 2020 mulai dari tahapan hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih sudah selesai. Untuk itu kami KPU Poso sebagai penyelenggara teknis bersama Bawaslu sebagai Pengawas mengucapkan terimah kasih serta apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020 di Poso,’’ ungkap Budiman Maliki.

Budiman menambahkan, tema FGD dengan terkait evaluasi fasilitas kampanye dinilai sangat penting, dan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan sebagai rangkaian tahapan Pilkada dan tanggungjawab sepenuhnya KPU yang menfasilitasi  para Paslon, mulai dari penentuan zona  hingga penertiban kembali Alat Peraga Kampanye (APK).

‘’Kami dari KPU Poso merasa apa yang telah kami lakukan dalam masa tahapan awal hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih merupakan  terbaik dan sudah maksimal, kalaupun ada yang masih kurang, itulah gunanya kami gelar FGD hari ini, untuk menerima masukan serta saran agar kedepan Pemilu atau Pilkada di Poso bisa jauh lebih bagus,’’ harap Budiman.

Dikesempatan yang sama,  komisioner KPU Provinsi Sulteng, Sahran Raden  yang didampingi Samsul  Y.Gafur sebagai pemateri ikut mengapresiasi KPU Poso, yang telah melaksanakan kegiatan evaluasi fasilitas kampanye untuk Pilkada serentak 2020.

Diakuinya, kegiatan tersebut merupakan terobosan baru  oleh penyelenggara untuk membuka ruang kepada seluruh Parpol peserta Pilkada 2020 di Poso, bersama insane pers  dalam  memberikan kritik serta saran yang positif, terkhusus juga kepada para tim pakar debat agar pelaksanaan Pilkada kedepan jauh lebih bermutu.

‘’Hasil kegiatan hari ini akan menjadi catatan penting buat kami sebagai penyelenggara  untuk saya, bawa pada kegiatan Rakor tingkat Nasional KPU RI yang akan digelar pada 30 Maret 2021 di Jakarta, terkait masalah tahapan kampanye,’’ jelas Sahran Raden

Dalam diskusi yang berlangsung selama satu hari tersebut, seluruh peserta baik dari semua unsur terlibat, diberikan kesempatan untuk  memberikan masukan terkait kendala-kendala apa saja yang dialami selama dalam masa tahapan hingga hari pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih.

Seluruh masukan-masukan tersebut selanjutnya dijadikan bahan diskusi kepada para peserta dan narasumber yang hadir baik dari KPU Kabupaten Poso, Bawaslu Poso, KPU Provinsi ataupun para Tim Pakar yang ikut hadir dalam kesempatan tersebut.

Kegiatan FGD tersebut ditutup dengan acara pemberian cendramata berupa Buku  dari KPU Provinsi kepada KPU Poso, Bawaslu  dan tim Pakar.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin