Komisi III DPRD Sigi Tinjau Sawah Terluap Air Banjir di Pandere

oleh -56 Kali Dilihat
Anggota DPRD Sigi meninjau sawah terkena luapan air di Desa Pandere. (FOTO: IST)

SIGI – Komisi III DPRD Sigi telah melakukan peninjauan lokasi terjadinya banjir di Desa Pandere, Kecamatan Tanambulava, yang menyebabkan puluhan hektar sawah dan perkebunan terendam air. Peninjauan ke lokasi banjir tersebut dipimpin langsung ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae.

Bersama rombongan, Ketua Komisi III Ajib Willem Darawiah, Herman Latabe, Raynald BE. Tarro dan sejumlah anggota Komisi III lainnya.

Dalam peninjauan yang juga didampingi pemerintah desa setempat, diketahui tanggul sungai Gumbasa jebol karena tidak dapat menahan debit air yang cukup tinggi dan deras. Akibatnya air masuk di areal persawahan.

“Sekitar 20 hektar lahan pertanian masyarakat yang telah ditanami padi demikian lahan perkebunan,” kata Herman Latabe, kepada MAL Online, Ahad (5/9).

Herman mengatakan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan dinas terkait untuk mencari melakukan penanganan, agar areal pertanian masyarakat tersebut tidak lagi kemasukan air yang berasal dari Sungai Gumbasa.

Sebelumnya itu, keinginan warga setempat agar tebing sungai tersebut agar dipasang tanggul (dibeton seperti sungai Palu).

Reporter: Hady
Editor: Nanang