KM Bintang Timur Tengelam di Perairan Teluk Tomini

oleh -
Satpolairres Polres Parimo dibantu Pokmaswas Desa Sausu melakukan evakuasi KM Bintang Timur yang tengelam di perairan teluk Tomini. (FOTO: IST)

PARIMO – Satuan Polairres  Polres Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengevakuasi sebanyak 20 anak buah kapal KM Bintang Timur yang tengelam di Perairan Teluk Tomini, Kamis (18/02).

Proses evakuasi satpolairres di bantu dengan kelompok masyarakat pengawas bentukan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Kapolres Parimo, AKBP Andi Batara Purwacaraka, di Parigi, mengungkapkan, berdasarkan laporan Pokmaswas Desa Tambu, Kecamatan Sausu sekitar pukul 07.00 Wita, tim patroli Type C2 KP XIX-2009 terjun kelokasi kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

“Kasat Polairres  AKP Sunarto melakukan tindakan penyelamatan dan pertolongan terhadap para crew dan ABK serta penumpang kapal yang tenggelam,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sesuai keterangan nakhoda KM Bintang Timur, kapal tenggelam dikarena mengalami kerusakan mesin, serta terjangan ombak dan angin yang cukup kuat.

Lebih lanjut, tepatnya 09.00 Wita, tim tiba di titik kordinat pada 0° 50′ 807′ S – 120° 37′ 500′ E  lokasi tenggelamnya KM Bintang Timur dgn situasi saat itu para ABK sedang terombang ambing di tengah laut dengan cara menyelamatkan diri pada sebuah rakit.

“Kondisi KM Bintang Laut saat itu hanya kelihatan tiang lampu kilat saja dan body kapal seluruhnya sudah terendam air laut, kemudian para Anak Buah Kapal diserahkan kepada pemilik kapal untuk diberikan perawatan,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin