Ketua Utama: Alkhairaat Bawa Misi Perubahan

oleh -
etua Utama Alkhairaat H.S. Alwi dalam sambutannya pada Haul ke 56 Habib Idrus Bin Salim Aljufri di Komplek Alkhairaat, Ahad (21/4). (FOTO: MAL/IKRAM)

PALU- Ketua Utama Alkhairaat H.S. Alwi Bin Saggaf Muhammad Aljufri menyebut Alkhairaat, nama lembaga disematkan Habib Idrus, bukan sekadar nama tanpa makna, tapi teriiring doa dan spirit bagi abnaulkhairaat selalu bisa membawa misi perubahan.

“Misi perubahan dibawa Alkhairaat, perubahan peran masyarakat maupun peserta didik yang beragam, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari yang pasif menjadi produktif , dari yang sombong menjadi rendah hati,” kata Ketua Utama Alkhairaat H.S. Alwi dalam sambutannya pada Haul ke 56 Habib Idrus Bin Salim Aljufri di Komplek Alkhairaat, Ahad (21/4).

Ia menuturkan, artinya dari segala prilaku tidak terpuji berubah menjadi terpuji. Itulah misi besar diemban; misi perubahan.

Ia menjelaskan, lewat nama Alkhairaat pula Habib Idrus menjadikan, role metode dakwahnya, yaitu fastabiqulkhairat.

Konsep dakwah fastabiqulkhairat diemban Habib Idrus, memiliki empat cara. Dalam gubahan syair Habib Idrus; “kepadaku ketaqwaan aku mengajak segenap umat muslim dengan suritauladan, harta, tulisan dan lisan”.

Ia menjelaskan, dari gubahan syair tersebut, Habib Idrus menyandingkan kalimat ilmu dan taqwa. Memiliki pesan tersirat menjadikan kita semakin dekat dan memiliki rasa takut yang tinggi kepada Allah SWT.

“Dengan ilmu kita dapatkan di Alkhairaat tidak menjadikan kita merasa lebih mulia dari orang lain, sebab itulah inti dari ajaran taqwa kepada Allah SWT,” tuturnya.

Ia mengatakan, Habib Idrus sangat menjaga Alkhairaat sebagai warisan fenomenal dititipkan kepada kita semua abnaulkhairaat untuk umat Islam dan NKRI.

Reporter: IKRAM