, ,

Kemnaker Dukung Gagasan Gubernur Sulteng Persiapkan Tenaga Kerja Lokal

oleh -285 Kali Dilihat
Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura didampingi Tim Ahli Ridha Saleh saat bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauzyah, di Kantor Kemnaker di Jakarta, Senin (06/09). (FOTO: IST)

PALU – Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauzyah mendukung gagasan Gubernur Sulawesi Tengah untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berinvestasi di daerah.

Ida Fauziah juga mendukung harapan gubernur agar perusahaan yang berinvestasi di Sulteng bisa merekrut tenaga kerja lokal .

Dukungan ini disampaikan Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauzyah, saat menerima kunjungan Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, Senin (06/09).

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulteng juga menyampaikan harapan masyarakat Sulteng agar bisa diberi kesempatan kerja pada perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di Sulteng.

Gubernur juga menyampaikan harapan agar Menteri Tenaga Kerja Ida Fauzyah untuk dapat mendukung visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, perihal mempersiapkan angkatan kerja lokal sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berinvestasi di Sulteng, melalui pendidikan vokasi atau kejuruan sesuai kebutuhan angkatan kerja.

“Saya berharap agar pemerintah pusat dapat meningkatkan perannya bersama provinsi dan kabupaten/kota untuk mempersiapkan angkatan kerja lokal untuk siap diterima di perusahaan sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan,” ujar Cudy, sapaan akrab Gubernur Sulteng itu.

Ia pun meminta agar pemerintah pusat lewat Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dapat meningkatkan fungsi dan kapasitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada saat ini untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja lokal agar memiliki keahlian.

“Jangan sampai tenaga kerja lokal jadi penganggur, sementara perusahaan banyak yang merekrut tenaga kerja asing atau dari luar daerah,” katanya.

Reporter : Irma
Editor : Rifay