Kemenkumham Sulteng Serahkan 32 Sertifikat Kekayaan Intelektual Hak Cipta kepada Balai Bahasa

oleh -

PALU- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menyerahkan 32 sertifikat kekayaan intelektual hak cipta kepada Balai Bahasa Provinsi Sulteng, Selasa, (12/12).

Peyerahan tersebut dilaksanakan di Hotel Best Western Palu saat pelaksanaan kegiatan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi Balai Bahasa Provinsi Sulteng.

Adapun 32 sertifikat tersebut berjenis hak cipta berupa karya bergambar, penyerahan itu pun dilakukan oleh Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual (Kasubid KI), Aida Julpha Tangkere kepada Kepala Balai Bahasa Sulteng, Asrif.

Aida menerangkan bahwa penyerahan sertifikat tersebut, merupakan wujud perlindungan hukum kepada para pencipta dari suatu karya dinilai memiliki nilai ekonomis rentan mengalami plagiarisme.

“Tentunya perlindungan kekayaan intelektual cipta ini sangatlah penting dilakukan. Hal ini meminimalisir terjadinya tindakan plagiat, dari beberapa orang mencoba mengambil ide ataupun ciptaan milik orang lain,” jelas Aida.

Mewakili Kanwil Kemenkumham Sulteng dipimpin oleh Hermansyah Siregar, ia pun mengapresiasi atas bentuk dukungan dan perhatian dilakukan oleh jajaran Balai Bahasa Sulteng. Dia berharap agar kerja sama tersebut dapat terus dilakukan.

“Terima kasih kepada Balai Bahasa begitu antusias melindungi setiap karya dihasilkan, ini tentu menjadi komitmen kita agar senantiasa bersama-sama membangun daerah kita cintai ini,” tambahnya.

Sementara, Asrif pun bersyukur atas pencatatan inventarisasi hak cipta tersebut, ia menyebut bahwa hal tersebut terus di tingkatkan dengan bermitra berbagai komunitas kemasyarakatan.

“Bersyukur sekali bisa mencatatkan hak cipta ini, tentu ini adalah untuk daerah dan pastinya kita mau daerah kita lebih maju lagi. Apapun aset atau suatu karya dilakukan di Sulawesi Tengah mesti kita jaga bersama-sama,” pungkasnya. (IKRAM)