Kemenkumham Sulteng Gandeng Disbud Sulteng untuk KIK

oleh -
Rapat Koordinasi antara Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah dan Dinas Kebudayaan, di di Ruangan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Rabu (11/1). FOTO: Istimewa

PALU- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggandeng Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng untuk peningkatan pencatatan inventaris perlindungan kekayaan intelektual di Sulawesi Tengah, Rabu (10/1).

Hal tersebut diketahui saat Pelaksana Harian Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Herlina didampingi Kepala Subbidang Pelayanan KI, Aida Julpha Tangkere melaksanakan koordinasi bersama Disbud Sulteng, disambut langsung oleh Kepala Dinas, Andi Kamal Lembah di Ruangan Kerjanya.

Herlina menyebut bahwa dengan memiliki keanekaragaman hayati, etnis dan budaya, Sulawesi Tengah memiliki potensi kekayaan intelektual melimpah, khususnya tergolong secara komunal seperti ekspresi budaya tradisional.

Ia menyebut, hampir disetiap wilayah memiliki potensi kekayaan intelektual komunal (KIK), seperti halnya baru saja tercatat yakni tarian raego dari Kota Palu.

“Tidak menutup kemungkinan dengan kerja sama secara komprehensif ini dapat lebih mengoptimalkan pencatatan KIK di wilayah kita, ada banyak potensi bisa kita gaungkan, namun tentu itu semua harus didasari komitmen kuat oleh berbagai pihak,” jelas Herlina.

Sementara, Andi Kamal pun menyambut baik atas rencana kerja sama tersebut, apalagi hal tersebut sangat menunjang dalam meningkatnya perlindungan setiap kekayaan budaya di Sulawesi Tengah.

“Tentu kita menyambut baik atas kerja sama ini, kita harus bersama-sama melestarikan dan melindungi setiap budaya kita miliki,” ujar Andi Kamal. (*/IKRAM)