Kemenaker Latih Desain Grafis 32 Santri

oleh
Para santri sedang mengikuti pelatihan desain grafis. (FOTO: MAL/NANANG IP)

PALU – Pondok Pesantren (Ponpes) dan Panti Asuhan Salafiyah Manba’ush Sholichin Al Charomain, di Jalan Keramik, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), melaksanakan pelatihan desain grafis kepada 32 santri selama 1 bulan.

Pengelola ponpes setempat, Ahmad Supanji, saat ditemui Media Alkhairaat, Selasa (12/11), mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar para santri mampu menguasai ilmu lain dan tidak hanya berpatokan pada pengetahuan agama semata.

Ia menambahkan, dengan pelatihan ini, santri dapat menghadapi dunia kerja atau berwirausaha.

“Harapannya ke depan, santri tidak lagi pusing dengan masalah pekerjaan, minimal mereka bisa berwiraswasta, khususunya dalam bidang desain grafis. Kalau dulu kan santri harapannya jadi penceramah, bisa khutbah,” ujar Ahmad Supanji.

Panji, sapaan akrabnya menjelaskan, pelatihan ini merupakan bantuan dari Kemenaker, selain gedung dan media pembelajaran seperti 16 unit komputer.

Ke depan, kata dia, pihaknya  akan terus melakukan pembinaan, khususnya di bidang desain grafis agar santri mampu mengisi peluang-peluang kerja yang ada.

“Santri di sini ada sekitar 80 lebih karena ada yang baru masuk dan keluar,” katanya.

Menurutnya, selama pelatihan, pihaknya membagi waktu pagi dan sore, masing-masing kelas berjumlah 16 orang.

Di akhir pelatihan, kata dia, panitia akan memberikan sertifikat bagi 32 peserta. (NANANG IP)