Kader PMII Touna Ikuti Program Sekolah Jurnalis Dasar

oleh -
Kader PMII Touna saat mengikuti program sekolah jurnalis dasar. (FOTO : media.alkhairaat.id/Rahman)

TOUNA – Sejumlah kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Tojo Unauna (Touna) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti program sekolah jurnalis dasar.

Program sekolah jurnalis dasar merupakan kegiatan tahunan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Touna bekerjasama dengan wartawan yang ada di daerah ini.

Kegiatan sekolah jurnalis dasar kali ini mengambil tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda” dan dilaksanakan sehari, Ahad (5/6) di Ruang Terbuka Hijau Jembatan Hayal Ampana.

Ketua PC PMII Touna, Wahyu Nur Alamsyah menjelaskan, kegiatan sekolah jurnalis dasar ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu jurnalistik kepada kader PMII yang ada di daerah ini, untuk menambah wawasannya soal jurnalistik dan dapat menulis sebuah informasi secara baik, sehingga tidak menjadi informasi bohong ke publik.

“Program ini kami laksanakan setiap tahun dengan harapan kader PMII dapat menambah kapasitas dan wawasannya dalam hal menulis,” ujarnya, Senin (6/6).

Dia menyebutkan, kegiatan ini terselenggara bekerjasama dengan wartawan media yang ada di daerah ini yang memiliki kemampuan serta memiliki kompetensi dari organisasi kewartawanan yang ada di Sulteng maupun nasional.

“Dalam kegiatan ini kami menghadirkan wartawan Media Alkhairaat Online sebagai narasumber dan dipandu moderator Surahman Soamole dari kader PMII Touna,” sebutnya.

Dia menjelaskan, pelatihan jurnalistik ini adalah salah satu  rancangan tindak lanjut (RTL) PMII yang terangkat dan terkait dengan visi dan misi pengurs PB PMII yakni PMII maju dan mendunia, sehingga langkah awal yang di ambil adalah dengan cara mengasa literasi, cerdas menyimpulkan, dan paham menulis dalam suatu plafom media sosial.

“Karena kita ketahui sendiri bahwa kita terjebak dengan zaman digitalisasi yang sangat moderen sehingga bagaimana PMII menjawab dan mampu hadiri di tengah-tengah gempuran digitalisasi yang semakin hari semakin canggih,” bebernya.

Dia mengatakan, pelatihan jurnalistik ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan atau beberapa jenjang yakni pelatihan jurnalistik dasar, menegah dan akhir.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan sekolah jurnalis dasar ini, akan tercipta regenerasi serta minat terhadap dunia jurnalistik juga tumbuh di Kabupaten Tojo Unauna dan kedepannya akan banyak penulis-penulis yang handal dari daerah  ini.

“Harapan kami kepada para keder-kader PMII mengambil peran dalam  proses ini sehingga kedepannya kader PMII dapat diperhitungkan dan bisa menjadi kader yang berkualitas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kehadiran PMII di Kabupaten Tojo Unauna adalah sebagai agen of cange yang menjadi patron organisasi independen dan mampu mencetak kader-kader yang bermartabat dengan landasan ahlusunnah waljamaah yang menjadikan nilai dasar pergerakan PMII.

“Selain itu PMII hadir  menjadi organisasi yang mampu menyadarkan kalangan masyarakat wabil khusus pemuda yang saat ini menjadi pemuda yang apatis terhadap kepekaan daerah dan lingkungannya,” tandasnya.

Reporter : Rahman
Editor : Yamin