Ini Pelajaran Ramadhan di Masa Pandemi Menurut Rektor Unisa

oleh
Rektor Unisa, Dr Umar Alatas

PALU – Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. Umar Alatas, mengatakan, Ramadhan dan hari raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 telah banyak memberikan pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk sivitas akademika Unisa.

“Pandemi Covid-19 ini telah mengajarkan banyak hal kepada kita untuk lebih kuat, seperti tema halal bi halal kita hari ini, “Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah ditengah Pandemi Covid-19,” kata Rektor di hadapan seluruh sivitas akademika Unisa yang mengikuti acara halal bi halal secara virtual atau online, Rabu (27/05).

Rektor mengatakan, puasa Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 juga telah mampu meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan bersedekah dan lain sebagainya.

Rektor berharap, semangat Ramadhan tetap terjaga untuk memelihara dan membentengi diri dari sikap yang kurang terpuji, lebih perhatian terhadap sesama, khususnya dalam lingkungan Universitas Alkhairaat.

“Esensi puasa yang telah kita lewati diharapkan  memberikan spirit, pengendalian diri yang kuat, membersihkan hati. Kita jangan sampai menodai kesucian Idul Fitri dengan sikap dan perilaku yang kurang baik,” katanya.

Rektor berpesan agar tetap menjaga dan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja memberikan yang terbaik untuk lembaganya.

“Melalui kesempatan ini atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf kepada bapak/ibu dosen dan pegawai Unisa atas segala salah dan khilaf, baik sebagai Rektor maupun sebagai pribadi. Mungkin ada terselip canda, ucapan atau laku tutur yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Minal aidin walfaidzin,” tutup Rektor.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Senat Unisa, Dr. Ir. Aris Aksarah dalam pengantar iftitahnya, mengawali halal bi halal virtual.

“Selaku Ketua Senat dan Ketua Panitia Milad Unisa, saya yakin banyak salah kepada bapak/ibu sekalian. Maka dengan segala kerendahan hati, saya atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf lahir dan bathin, taqabballaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim,” ucapnya.

Acara halal bi halal virtual keluarga besar Unisa juga dilanjutkan dengan salam silaturrahim dari para pimpinan Unisa.

Acara ini juga dihadiri salah seorang alumni Unisa yang saat ini sebagai Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Poso, Ibrahim Ahmad Harun dan mahasiswa Unisa. (IWANLAKI)

Iklan-Paramitha