Ini Harapan Ketua Komisi IV di Peringatan Harkannas

oleh -
Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Dr Alimuddin Pa'ada saat menghadiri peringatan Harkannas di Parimo, Senin (21/11). (FOTO: HUMPRO DPRD SULTENG)

PARIMO – Ketua DPRD Provinsi Sulteng Dr Nilam Sari Lawira, diwakili Ketua Komisi IV, Dr Alimuddin Pa’ada, menghadiri puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9, di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Senin (21/11).

Kegiatan ini dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Ir. Sakti Wahyu Trenggono bersama jajarannya serta utusan Presiden Seycelles untuk ASEAN, Mr. Nico Barito.

Selain itu, turut hadir anggota DPRD Provinsi Sulteng Dapil Parimo, Rahmawati M Nur dan pihak terkait lainnya.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng, Alimuddin Pa’ada, berharap peringatan Harkannas tahun ini menjadi momentum yang baik bagi Provinsi Sulteng khususnya pada sektor kelautan dan perikanan.

“Peringatan Hari Ikan Nasional ini baru pertama kalinya dilaksanakan di luar Jakarta. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua dan kehormatan yang luar biasa yang diberikan kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

Alimuddin menambahkan, Sulteng memiliki potensi yang sangat besar pada sektor kelautan dan perikanan sehingga pemerintah harus memberdayakan masyarakat nelayan dan menyiapkan segala fasilitas yang ada.

“Kalau bisa pemerintah membentuk koperasi nelayan, sehingga segala kebutuhan para nelayan kita dapat terpenuhi sehingga hasil yang diperoleh akan semakin meningkat. Tidak menutup kemungkinan daerah kita menjadi salah satu pemasok utama sumber perikanan di daerah sendiri maupun di luar wilayah Sulteng,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, makan ikan akan membuat tubuh semakin sehat, membuat cerdas, dan kuat.

“Karena ikan merupakan bahan pangan yang mengandung protein tinggi, asam lemak yang baik, mengandum omega tiga, enam, dan sembilan. Mengandum vitamin dan mineral, sehingga dapat meningkatkan sumber asupan gizi dan membatu meningkatkan daya tahan tubuh,” katanya.

Olehnya, kata dia, ikan sangat dianjurkan bagi anak-anak maupun orang dewasa dalam rangka memenuhi asupan gizi.

“Ikan termasuk komoditas yang mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan yang lebih variatif dan hampir tidak memiliki resiko jika kita konsumsi. Beda dengan daging,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, berharap agar peringatan Harkannas ini dapat memacu peningkatan produktifitas hasil-hasil kelautan dan perikanan di Sulteng. */RIFAY