Ini Enam Pejabat yang Terpilih dari Hasil Lelang Jabatan Pemkab Donggala

oleh

DONGGALA – Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa melantik enam pejabat tinggi pratama, Selasa (27/10) malam, dihadiri pihak DPRD Polres Donggala dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Enam pejabat tersebut merupakan hasil seleksi dari lelang jabatan pejabat tinggi pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala.

Kepada para jebabat yang baru dilantik, Bupati Donggala berpesan agar dapat menjalankan tuga secara baik dengan loyalitas.

“Harus penuh tanggungjawab melaksanakan tugas dalam pelayanan sesuai aturan,” pesannya.

Sedianya, ada tujuh jabatan kepala OPD yang dilelang, beberapa waktu lalu. Namun satu di antaranya, yakni Dinas Perhubungan (Dishub) belum dilantik karena menunggu pimpinan sebelumnya memasuki masa pensiun dulu, tepatnya dua bulan mendatang.

Para pejabat yang mengikuti lelang jabatan merupakan promosi jabatan dari posisi eselon III ke eselon II di lingkup Pemkab Donggala, kecuali Mursidin H. Yusuf, satu-satunya pejabat dari luar daerah Donggala, tepatnya sebagai Kepala Bidang Pendapatan Kota Palu.

Saat uji kompetensi, Mursidin menempati posisi kedua, berada di bawah Rahmanur (Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Donggala).

Selanjutnya yang dilantik sesuai prediksi banyak pihak sejak awal adalah Dee Lubis (mantan Kabag Hukum dan Perundang-Undangan Pemkab Donggala) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Inspktur Inspektorat Donggala. Ia pun akhirnya terpilih menjadi Inspektur definitif.

Pejabat ketiga yang dilantik adalah Kasmuddin. Semula menjabat Sekretaris dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Donggala, akhirnya ditetapkan secara definitif meski hasil seleksi jabatan berada di urutan ketiga atau terakhir.

Jabatan sekretaris yang ditinggalkan Kasmuddin diisi Mahmud, salah satu kepala bidang di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Donggala akhirnya diisi oleh Muhammad yang sebelumnya Kabag Kesra Pemkab Donggala. Pada saat seleksi, ia berada di posisi kedua dibawa Muhammad Ali Kadir (Kabag Ortal).

Sedangkan Muhammad Ali Kadir sendiri kini menempati posisi Kepala Bappeda Kabupaten Donggala. Sebelumnya, posisi itu dipegang Yeni Sj. Amir (Sekretaris Bappeda) sebagai pelaksana tugas.

Sedangkan jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga kini dipegang oleh Damin yang sebelumnya Kabag Perlengkapan Umum Pemkab Donggala.

Dari latar belakangnya, Damin adalah mantan atlet yang cukup dikenal sehingga dianggap tepat menempati jabatan barunya.

Selain pejabat eselon II, juga terjadi pengisian jabatan eselon III, seperti kepala bagian dan Camat Sojol dan Banawa Tengah.

Reporter : Jamrin AB
Editor : Rifay

Iklan-Paramitha