Ihksan Syarifuddin Terima Mandat dari Dewan UKM Indonesia

oleh -
Direktur Perusda Kota Palu, Ikhsan Sarifuddin bersama Ketum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia, Irwan Wijaya HS, di Kantor Perusda Kota Palu, Ahad (22/05) (FOTO : media.alkhairaat.id/Yamin)

PALU – Direktur Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Palu, Ir. Ihksan Syarifuddin, ST.,MM menerima mandat untuk membentuk Komwil Dewan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dari  Komite Nasional Dewan UKM Indonesia.

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Nasional Dewan UKM Indonesia, Irwan Wijaya HS, di Kantor Perusda Kota Palu, Ahad (22/05).

Kegiatan itu dihadiri oleh jajaran Dewan UKM Sulteng, Perusda Kota Palu, Sekum HIPMI, akademisi/ketua IPEMI Kota Palu, Owner Mbok Sri, Tokoh UKM Kota Palu, H. Alimuddin Alibau, Dewas PDAM dan Pelaku usaha lainhya.

Dikesempatan itu  Irwan Wijaya menyampaikan, kehadiran Dewan UKM di Sulteng diharapkan dapat menjalin kemitraan yang strategis dengan pemerintah dan pelaku UKM.

Dia berharap Dewan UKM Sulteng dapat membantu mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UKM. Sebab, motto Dewan UKM Indonesia adalah, solusi pemberdayaan UKM yang prinsipnya dapat mencarikan berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi UKM di Indonesia.  

“Seperti masalah pembiayaan, pemasaran, memfasilitasi dan memberikan solusi pada UKM secara paripurna,” terangnya.

Menurutnya, saat ini pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait UKM. Hanya saja, implementasi di level bawah masih banyak yang memerlukan bantuan, satu diantaranya adalah UKM yang belum layak menjadi UKM layak ekspor.

“Ini yang sama-sama kita harapkan, peran Dewan UKM Indonesia untuk membantu mencarikan solusinya,” katanya.

Ditempat yang sama,  Ihksan Syarifuddin menyampaikan, setelah menerima mandat tersebut, dirinya akan melakukan beberapa langkah. Pertama, akan mencari talent, karena dirinya yakni dan percaya banyak sekali potensi di Sulteng dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mau memajukan UKM.

“Lewat lembaga ini, Dewan UKM akan mempercepat akselerasi itu.  Kenapa saya menerima mandat ini?, karena salah satu  visi Perusda itu tentang dinamisasi pertumbuhan ekonomi dan UKM. Starting poin program kerja Dewan UKM berkesinambungan dan sinergi, misalnya rumah kemasan itu juga menjadi program kerja dari Perusda yang bisa mendapat akses secara nasional lewat UKM,” terang Ihksan.

Oleh karena itu, Ihksan menilai, bahwa hal itu akan saling melengkapi dan menguatkan. Setelah konsolidasi itu, dirinya akan menemui ibu Gubernur, dan selanjutnya akan membentuk komite wilayah.

“Setelah pelantikan, kita akan bentuk semua komite daerah Dewan UKM di 13 kabupaten/kota di Sulteng,” tandasnya. (YAMIN)