Hasil Sementara Pilbup Poso, Verna-Yasin Ungguli Petahana

oleh

POSO – Hasil perhitungan suara Pilkada serentak 9 Desember di Kabupaten Poso menunjukkan perolehan suara sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Poso nomor urut 01, Verna Inkiriwang-Yasin Mangun (VY), masih unggul di atas paslon lainnya, termasuk petahanan nomor urut 2 Darmin-Amdjad (DAS).

Berdasarkan data suara sementara yang berhasil dihimpun awak Media Alkhairaat dari laman https://pilkada2020.kpu.go.id, pasangan VY yang diusung oleh empat partai politik sudah berhasil mendulang suara sebesar 8.947 atau 46.8 persen.

Sementara paslon Darmin Sigilipu–Amdjad Lawasa menempati urutan kedua dengan perolehan 8.157 suara (42,6 persen), disusul pasangan nomor urut 03 Samsuri-Tony Sowolino sebanyak 2.026 suara (10,6 persen).

Data itu sementara tersebut masih diperkirakan akan terus bergerak karena masih ada suara yang belum masuk dari total 510 TPS di 19 wilayah kecamatan se-Kabupaten Poso.

Angka yang sama juga terpantau melalui website Dinas Kominfo Kabupaten Poso.

Dari pantauan di lapangan, massa pendukung paslon VY langsung menggelar pawai di sejumlah tempat untuk merayakan kemenangan.

Bukan hanya Paslon nomor urut 01, mengingat tipisnya selisih suara yang diperoleh, paslon Darmin-Amdjad juga sudah mempersiapkan diri untuk merayakan kemenangan dengan membangun tenda besar di halaman rumah milik calon Wakil Bupati Amdjad Lawasa.

Sementara itu, berdasarkan data dari pihak Polres Poso, proses pemungutan suara yang digelar di 510 TPS, secara keseluruhan berlangsung lancar, tertib dan aman.

Antusias warga Poso untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS terlihat cukup baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Reporter : Mansur
Editor : Rifay