Hari Pahlawan, Pemkab Poso Tabur Bunga di Tengah Laut

oleh

POSO – Ratusan peserta antusias mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Markas Komando Bataliyon 714 SM Poso, Senin (11/11) dipimpin Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu.

Upacara yang berlangsung khidmat dan sederhana tersebut melibatkan ratusan personil gabungan dari unsur TNI-Polri, para veteran, organisasi pemuda, tokoh agama, masyarakat, mahasiswa serta pelajar dan sejumlah pejabat daerah.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, menyampaikan, bangsa Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen yang paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan.

Bupati menegaskan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri, sehingga semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Masih dalam amanat menteri, Bupati menjelaskan, peringatan hari pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Kata dia, menjadi pahlawan masa kini bisa dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, antara lain dengan menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa,sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” harap Darmin.

Di akhir sambutannya,Bupati Darmin menegaskan, keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata tidak boleh dibiarkan sia-sia. Menurutnya, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” tegasnya.

Usai pelaksanaan upacara, juga dilakukan rangkaian kegiatan seperti tabur bunga di beberapa tempat yakni, Taman Makam Bahagia Desa Tagolu Kecamatan Lage, Taman Makam Pahlawan Kelurahan Kawua Kecamatan Poso Kota serta di Dermaga Pelabuhan Poso.

Berbeda dengan kegiatan tabur bunga peringatan hari pahlawan sebelumnya, tabur bunga di Pelabuhan Poso kali ini digelar di tengah laut lepas dengan menggunakan kapal penumpang KM. Sabuk Nusantara. (MANSUR)