Habib Saggaf dalam ‘Kacamata’ Anies Baswedan

oleh -

PALU – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut merasakan duka cita yang mendalam, atas wafatnya Ketua Utama Alkhairaat HS Saggaf Bin Muhammad Aldjufri di usia 83 tahun, Selasa (3/8).

Berdasarkan video berdurasi 03.44 menit yang diterima media ini, orang nomer satu di Ibu Kota Negara itu menegaskan jika amal jariah dari Almarhum Cucu Guru Tua itu sulit ditiru para jama’ah yang datang dari berbagai tempat penjuru mata angin.

“Inna Lillahi wa Inna ilaihi rojiun, keluasan pengetahuannya tak dapat lagi kita kejar. Kedalaman pengalamannya tak dapat lagi kita gali. Keteduhan kebijaksanaannya tak dapat lagi kita mintai. Kelembutan wajahnya dan kehalusan tangannya tak bisa lagi kita dalami dan ciumi. Ya kita tidak bisa lagi mendapatkan semua itu dari Habib Saggaf bin Muhammad Aldjufri, guru dan orang tua kita semua. Allah lebih menyayanginya,” jelas Anies di Jakarta, Selasa malam.

Dalam penilaian kacamata Gubernur DKI Jakarta saat ini, jika Guru Tua adalah sebagai pendiri atau peletak fondasi utama Alkhairaat, maka tak berlebihan ia menyebut Allahu Yarham Habib Saggaf adalah sebagai pengarah maupun pembimbing ulung Alkhairaat.

Karena, lanjut Anies, hal itu tak lepas dari perkembangan yang luar biasa pada Alkhairaat dan sudah menjadi rujukan penting umat Islam secara umum di Indonesia, secara khusus kawasan timur Nusantara.

“Manfaatnya secara nyata telah dirasakan amat luas oleh umat dan bangsa. Insyaa Allah catatan pahalanya amal jariahnya, murid-muridnya, anak-anaknya, cucu-cucunya akan menjadi pengirim doa pengantar pahala tanpa henti untuk Allahu Yarham Habib Saggaf,” pesan Anies.

Lebih lagi, merespon penyebaran murid almarhum hingga ke berbagai penjuru dunia saat ini, Anies Baswedan menyebut adalah bukti telah mengakarnya ajaran maupun lembaga pendidikan Alkhairaat yang selama ini sudah dilanjutkan Habib Saggaf dari tangan wali tersohor asal negeri Yaman, Habib Idrus Bin Salim Aldjufri- tak lain adalah kakeknya.

Usai berbela sungkawa terhadap Alkhairaat, Anies Baswedan mengajak untuk seluruh umat Islam menggelar sholat ghaib untuk Ketua Utama Alkhairaat.

Diketahui, pemilik nama lengkap Anies Rasyid Baswedan itu sendiri telah beberapa kali pernah bertatap muka langsung dengan Ketua Utama Alkhairaat di Palu maupun Jakarta. Bahkan, pada peringatan Haul Guru Tua ke 51, Gubernur DKI Jakarta itu ikut menghadiri langsung bersama Wakil Presiden RI KH.Ma’ruf Amin.

Rep: Faldi/Ed: Nanang