Forum Administrasi Pembangunan: Sinergi dan Solusi untuk Pembangunan Daerah

oleh -

Palu – Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Farid Rifai Yotolembah, secara resmi membuka Forum Komunikasi Biro/Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah. Acara yang berlangsung pada Rabu, 29 Mei 2024, di Kabupaten Buol ini dihadiri oleh para Kepala Bagian Pembangunan dari seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah.

Selain itu, forum ini juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Abd Raaf Malik.

Farid Rifai Yotolembah menyampaikan harapannya agar forum ini menjadi wadah strategis untuk merajut ide dan konsep inovatif, serta mencari solusi permasalahan demi kelancaran tugas pemerintahan dan pengelolaan administrasi pembangunan di daerah.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara pemerintah kabupaten dan kota Se-Sulteng. Dan dengan adanya forum komunikasi ini, diharapkan muncul sinergi yang kuat antar kabupaten dan kota, sehingga setiap permasalahan dapat diatasi bersama dan tugas-tugas pemerintahan berjalan lebih efektif dan efisien,” ujar Farid.

Ia mengatakan, bahwa forum ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi para pejabat daerah untuk memperbarui pengetahuan mereka dan meningkatkan kapasitas dalam administrasi pembangunan.

“Kami berharap forum ini dapat menjadi agenda rutin yang mempertemukan para pemangku kepentingan di bidang administrasi pembangunan, untuk saling bertukar pikiran dan mencari solusi bersama,” ujarnya.

Para peserta berkesempatan untuk berbagi pengalaman, best practices, dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan administrasi pembangunan. Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri memberikan paparan mengenai kebijakan terbaru dalam administrasi pembangunan dan bagaimana implementasinya di tingkat daerah.

Abd Raaf Malik, menekankan pentingnya integrasi antara kebijakan pusat dan daerah. “Kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah adalah kunci keberhasilan pembangunan. Forum seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang dibuat dapat diterapkan dengan baik di lapangan.

Selain diskusi formal, acara ini juga diisi dengan kegiatan networking dan sesi tanya jawab, yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memperluas jaringan kerja mereka dan mendalami isu-isu spesifik yang mereka hadapi di daerah masing-masing.

Forum Komunikasi Biro/Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi peningkatan kinerja pemerintahan dan percepatan pembangunan di Sulawesi Tengah.

Reporter: Irma/***