FKUB Sulteng Ajak Organisasi Keagamaan Tingkatkan Kualitas Kerukunan

oleh -
Suasana silaturahim dan dialog pengurus FKUB Sulteng dengan PW Muhammadiyah Sulteng, di Kota Palu, Selasa (23/04) (FOTO : dok Humas FKUB Sulteng)

PALU – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah, mengajak organisasi keagamaan di daerah itu untuk bersama – sama meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Sulteng.

Ketua FKUB Provinsi Sulteng, Profesor. KH. Zainal Abidin, mengemukakan bahwa FKUB Sulteng membutuhkan dukungan dari organisasi keagamaan, untuk menyelesaikan tantangan dan masalah yang dihadapi dalam peningkatan kualitas kerukunan.

“Maka FKUB Sulteng membutuhkan saran dan masukan, serta kerja sama dari semua organisasi keagamaan untuk kita bersama – sama meningkatkan kualitas kerukunan,” ucap Profesor Zainal Abidin, dalam silaturahim dan dialog pengurus FKUB Sulteng dengan PW Muhammadiyah Sulteng, di Kota Palu, Selasa (23/04).

Sejumlah pengurus FKUB Sulteng yang dipimpin oleh Profesor Zainal Abidin bersama Sekretaris Doktor Haji Munif Godal bersilaturahim dan dialog dengan pengurus PW Muhammadiyah Provinsi Sulteng. Silaturahim dan dialog tersebut berlangsung di Kantor Sekretariat PW Muhammadiyah, di Kota Palu.

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi keagamaan yang besar di Indonesia, serta memiliki umat atau penganut yang sangat banyak.

Oleh karena itu, ujar Zainal Abidin, FKUB berkepentingan untuk bersilaturahim dengan PW Muhammadiyah, dalam rangka membangun hubungan baik antar-organisasi keagamaan.

Di samping itu, sebut dia, silaturahim dan dialog tersebut, juga untuk mendengar masukan – masukan dan saran dari PW Muhammadiyah terkait strategi peningkatan kualitas kerukunan.

“Saran dan masukan dari PW Muhammadiyah sangat penting, demi mengoptimalkan upaya meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Sulteng,” ungkapnya.

Profesor Zainal Abidin berharap agar melalui silaturahim dan dialog tersebut, FKUB dan PW Muhammadiyah Sulteng memiliki kesamaan pandangan dalam meningkatkan kualitas kerukunan.

“Sehingga kita dapat bekerja sama, untuk menopang upaya mewujudkan Sulteng sebagai provinsi dengan indeks toleransi yang tinggi,” katanya.

Sementara itu Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Sulteng Amin Parakkasi menyambut baik silaturahim FKUB Sulteng ke organisasi yang dipimpinnya.

Dalam pertemuan itu, Amin Parakkasi mengemukakan bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi yang moderat, menjunjung tinggi nilai – nilai perbedaan dalam bingkai NKRI.

“Muhammadiyah sudah teruji dalam perjalanan bangsa ini, dan Muhammadiyah merupakan organisasi yang moderat,” tandasnya.

Reporter : Nanang IP
Editor : Yamin