FK Unisa Jajaki Kerja Sama dengan K-Medi hub Korea Selatan

oleh -

DAEGU – Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa), yang diwakili Wakil Dekan II, drg.Lutfiah, M.KM, menghadiri undangan dari K-Medi hub, Daegu- Gyeoungbuk Medical Inovation Foundation, Korea Selatan, Rabu (21/02) pagi waktu setempat.

Undangan tersebut merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU beberapa waktu lalu oleh Rektor Unisa, Dr Muhammad Yasin di Makassar bersama  sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Selain Universitas Alkhairaat,  Universitas Muhammadiyah Makassar, Surabaya dan Pontianak juga ikut hadir di Daegu.

Tim dari Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Dr. Suryani As’ad, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar ini disambut hangat oleh Mr. Yang Jin Young, President of K-Medi hub, bersama tim.

Selama di sana, Tim K-Medi hub mempresentasekan hal- hal yang bisa dikerjasamakan dalam hal Research dan Training serta memperlihatkan Design Simulation Traning Area yaitu Intensive Care Unit, Emergency Unit dan Disaster Medical Unit.

Tim juga menyempatkan berkunjung ke laboratorium penelitian setempat.

K-Media Hub Korea (Daegu Gyeongbuk Medical Innovation Foundation), merupakan perusahaan modern yang bergerak di bidang penyedia alat medis dan produksi obat-obatan di Korea Selatan.

Perusahaan ini juga tengah mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pengembangan obat-obatan.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, kata Prof Sr Suryani yang juga pernah menjadi bagian dari FK Unisa diawal berdirinya tahun 2009, Unisa yang memiliki Fakultas Kedokteran pertama di Sulawesi Tengah harus terus membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu drg. Lutfiah, M.KM yang dihubungi media ini, mengatakan, pada kesempatan itu ia memaparkan profil Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat, serta penelitian yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan dengan harapan bisa bekerjasama dengan K-Medi hub.

Lutfiah mengatakan, usai menjajaki kerjasama dengan K-Medihub selama dua hari (20-21 Februari di Daegu, Korea Selatan), Unisa rencananya akan kembali menghadiri kegiatan Koamex 2024, Korea Intenational Advanced Medical Equpment and Medicine Expo, 21-23 Juni 2024 mendatang.

‘’Semoga ini menjadikan Universitas Alkhairaat untuk bisa Go International,” harapnya.

Terpisah, Rektor Unisa, Dr. Muhammad Yasin, mengapresiasi kegiatan yang telah diikuti oleh Fakultas Kedokteran dengan pihak K-Medihub Korea tersebut.

Yasin berharap, hasil kunjungan ke Korea Selatan ini bisa mewujudkan kerjasama dan upaya untuk membangun jejaring internasional.

“Kita harapkan bisa terwujud kerjasamanya. Kita juga ingin membangun jejaring internasional agar Unisa Palu bisa go Internasional,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Laki
Editor: Rifay