Empat Daerah di Sulteng Terima Penghargaan APIP, Termasuk Kota Palu

oleh -
Inspektur Inspektorat Kota Palu, Muliati, usai menerima piagam penghargaan tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP Inspektorat Tahun 2023. (FOTO: HUMAS PEMKOT PALU)

PALU – Inspektur Inspektorat Kota Palu, Muliati, menghadiri acara sosialisasi penguatan Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan sinergitas APIP dengan Aparatur Pemeriksa Keuangan (APH), di Palu, Kamis (07/12).

Pada kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada empat kabupaten/kota atas penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP Inspektorat Tahun 2023.

Keempat kabupaten/kota dimaksud yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Banggai laut, dan Kabupaten Donggala.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, mengatakan, APIP memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan pengawasan intern terhadap pelaksanaan program dan kebijakan pemerintah.

Sementara APH, kata dia, bertanggung jawab melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara.

“Saya mengingatkan kepada seluruh pegawai APIP dan APH untuk menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pelaksana harian (Plh) Inspektur Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Salim, menyampaikan, sosialisasi peran APIP dan sinergitas APIP-APH sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Mari kita berkomitmen untuk membentengi diri untuk tidak melakukan korupsi,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, Bupati Sigi Irwan Lapata, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, unsur Forkopimda, Rektor Untad, Kepala OPD, Kapolres, Kajari se-Sulteng serta pejabat terkait lainnya.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay