DLH Palu Gelar Sejumlah Kegiatan Menjelang HPSN

oleh -
Ibnu Mundzir

PALU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu akan melaksanakan sejumlah kegiatan menjelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

“Ada empat kegiatan yang akan kita laksanakan selama 2 hari berturut-turut,” kata Sekretaris DLH Kota Palu, Ibnu Mundzir, Selasa (20/02).

Kegiatan bertema “Mana Aksimu, ini Aksi Kami” tersebut akan dimulai pada Jumat 23 Februari, dalam bentuk kerja bhakti massal yang akan dipusatkan di Pesisir Pantai Talise sampai di kampung nelayan.

Kegiatan lainnya adalah lomba rangking satu yang akan dipusatkan di Bundaran Taman Nasional pada Sabtu (24/02), mulai pukul 06.30 Wita.

“Pesertanya para kepala OPD, sekretaris dan kabid. Kemudian kabag, camat dan lurah yang masing-masing kategori itu akan diambil satu orang sebagai peserta,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya, lanjut Ibnu, kegiatan kreativitas tanpa batas dengan judul “Desain Tas Belanja Daur Ulang Kategori Umum”.

Kegiatan ini, jelas Ibnu, memiliki kriteria penilaian, yakni bahan baku yang berasal dari plastik bekas, mudah didapat, dan biaya operasionalnya diupayakan seminimal mungkin.

“Produk yang dihasilkan dapat digunakan dalam jangka panjang, agar tidak menimbulkan sampah dalam waktu yang singkat,” ujarnya.

Selain itu, tambah Ibnu, pada lomba kreativitas ini, produk yang dihasilkan juga memiliki keunikan, produknya harus original hasil karya sendiri dan produk harus menarik perhatian.

Kegiatan terakhir bertema “Kamu Menginspirasi” berupa penganugerahan penghargaan kepada pejuang lingkungan dalam bidang persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Ibnu menjelaskan, kategorinya yakni koordinator kecamatan dan dan koordinator Lapangan, satgas adipura kelurahan dan sopir armada dan pick up.

“Selanjutnya armada penyiraman yang terdiri dari sopir armada pertamanan, armada penghijauan dan dekorasi kota, kemudian pelaku usaha, bank sampah unit yang aktif, petugas TPA Kawatuna dan petugas lapangan bidang RTH,” tutupnya.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay