Dikbud Parimo Gelar OSN Pasca Pandemi

oleh -
Kabid Manejemen SMP Dikbud Parimo, Ince Pina. (FOTO : media.alkhairaat.id/Mawan)

PARIMO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali gelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP se-kabupaten pasca pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Manajemen SMP Dikbud Parimo, Ince Pina, mengatakan, setelah dua tahun kegiatan OSN dilakukan secara daring, dengan mengirimkan video ke Kemendikbud ristek.

“Kegiatan ini kami anggarkan melalui APBD, dengan memusatkan kegiatannya disatu titik yakni di Aula Dikbud Parimo,” ungkapnya saat ditemui, Selasa (28/06).

Ia menjelaskan, diselenggarakannya kegiatan OSN ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan spiritual, intelektual baik siswa dan tenaga pengajar.

Tercatat ada sebanyak 192 siswa siswi mengikuti kegiatan tersebut, mata pelajaran yang dilombakan terdiri  Matematika 64 siswa, IPA 64 siswa dan IPS 64 siswa, pelaksanaan serentak di seluruh Indonesia.

“Semua sekolah di Parimo melakukan pendaftaran melalui laman web Kemendikbud, baik itu SMP Negeri, Satap ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Ince menambahkan, Beberapa tahun sebelumnya OSN tingkat nasional Parimo mengutus perwakilannya dari Sekolah satu atap (Satap) Karya Mandiri. Untuk itu keikutsertaan sekolah terpencil sangat diharapkan.

“Ditargetkan kegiatan berlangsung selama dua hari, dan untuk tingkat propinsi dan nasional akan digelar pada bulan Agustus mendatang,” pungkasnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin