Diare Mulai Serang Korban Banjir Bandang Torue

oleh -

PARIMO  – Pasca Banjir bandang di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong beberapa waktu lalu terus menarik perhatian, sejumlah relawan berdatangan.

Salah satu relawan yang terlibat dalam aksi kemanusiaan adalah, Rumah Sehat Baznas RSB) Palu, sejak Sabtu (30/07) sudah berada di lokasi, membuka Posko pelayanan kesehatan gratis.

Sebanyak 6 orang dari RSB Palu diterjunkan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat korban banjir bandang di Torue Parimo.

Ketua Tim RSB Palu dr. Sakinatul Qulub menuturkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Baznas Provinsi Sulawesi Tengah dan menggandeng Brimob Polda Sulteng saat berada di lokasi banjir bandang.

“Jadi kami dari Rumah Sehat Baznas Palu berjumlah 6 orang, Kemarin kami melakukan pemeriksaan terhadap 182 pasien. Kemungkinan akan berkelanjutan untuk kembali selain hari ini,” ujar dr. Sakinatul Qulub, Ahad (31/07).

Koordinator Tim RSB Palu itu menjelaskan, dari hasil pemeriksaan kesehatan masyarakat korban banjir bandang di Torue Parimo mendapati penyakit Ispa, gatal-gatal dan diare.

“Sejauh ini jenis penyakit yang kami temukan paling banyak kami temukan adalah Ispa, gatal-gatal,dan diare,” Ucap Sakinatul menutup. 

Editor : Yamin