Cermati Investasi Raih Keuntungan Tinggi

oleh -31 Kali Dilihat

DONGGALA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kembali dilaksanakan secara virtual di Donggala, 23 Agustus 2021. Tema kali ini adalah “Cara Aman Investasi Daring”.

Program kali ini dihadiri oleh 935 peserta dan menghadirkan empat narasumber, yaitu Dosen Ilmu Komunikasi UGM & Japelidi Zainuddin Muda Z Monggilo, Komika & Kreator Konten Ovil Putra, Pegiat Usaha Daring Muhammad Nur Akbar, dan Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati. Acara dipandu seorang jurnalis, Septi Wulandari sebagai moderator.

Pemateri pertama, Zainuddin membawakan materi bertema “Cakap Digital dalam Bertransaksi Daring: Dompet Digital & Lokapasar”. Menurut dia, beberapa kiat yang dapat dilakukan UMKM bermedia sosial antara lain dengan otentik, konsisten, kreatif, mengetahui target pemirsa, bangun hubungan baik, dan berilah penawaran terbaik.

Berikutnya, Ovil yang menyampaikan materi berjudul “Peran dan Fungsi E-Pasar dalam Mendukung Produk Lokal, mengatakan, dalam kaitannya dengan pemanfaatan e-pasar untuk mendukung produk lokal, seorang kreator konten bisa berkreatifitas membuat materi yang mengandung nilai tersebut dan disebarkan lewat dunia maya.

Sebagai pemateri ketiga, Akbar membawakan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Pola Pikir Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Menurut dia, kemudahan berbelanja daring, berbagai promosi dan keuntungan di lokapasar, harus disikapi bijak agar tak menyeret perilaku konsumtif berlebihan.

“Sebaliknya, berbagai kelebihan lokapasar tersebut semestinya bisa dimanfaatkan untuk berkreasi menjadi lebih produktif mendulang keuntungan,” tuturnya.

Adapun Sari, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Aman Berinvestasi Daring”. Ia mengatakan, prinsip-prinsip investasi yang harus dipegang teguh, antara lain lakukan investasi di bidang yang dimengerti, mulai semenjak dini, sabar, dan menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

“Selain itu lakukan riset, tidak mudah tergoda tren, dan berorientasi lah pada investasi jangka panjang,” sarannya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Salah satu pertanyaan menarik peserta diantaranya tentang bagaimana cara memilih platform lokapasar atau dompet digital yang cocok bagi UMKM pemula.

Narasumber menjelaskan bahwa pastikan platform yang dipilih adalah yang paling dikenali dulu, lewat WhatsApp misalnya. Bisa juga lewat media sosial dan lokapasar besar yang sudah familiar.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan  materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. ***