Calon Pendaftar Seleksi Bawaslu Sulteng Hampir 500 Orang

oleh -
Dari kiri, Ketua Timsel, Dr Ratna Dewi Pettalolo, Anggota Timsel Dr. Kartini Malarangan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sulteng, Anayanthy Sovianita, saat konferensi pers di Sekretariat Timsel, Jumat (17/06). (FOTO: media.alkhairaat.id/Rifay)

PALU – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mencatat, sebanyak 482 orang yang telah mengunduh formulir pendaftaran melalui website resmi Bawaslu Sulteng.

“Itu adalah jumlah orang yang mendownload formulir per hari ini, Jumat tanggal 17 sore,” kata Anggota Timsel, Dr Kartini Malarangan, saat konferensi pers, di Sekretariat Timsel, Hotel Sutan Raja Palu, Jumat (17/06).

Sejak diumumkannya penerimaan calon anggota Bawaslu Sulteng pada tanggal 13 Juni lalu, jumlah orang yang mengakses melalui interaksi facebook sudah mencapai 837 orang, kemudian melalui instagram sebanyak 2387 orang, melalui Twitter 1 orang dan pertanyaan melalui WhatsApp sebanyak 26 orang.

“Sementara yang mengakses langsung ke website Bawaslu sebanyak 2374 orang,” urainya.

Kemungkinan besar, kata dia, saat ini semua yang telah mendownload formulir sedang mempersiapkan segala persyaratan.

“Kami harapkan nanti agar semua sudah memasukan berkas tepat pada waktunya. Karena kami Insya Allah juga akan bekerja sesuai time schedule yang sudah ada, tidak akan melewati itu,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulteng, Anayanthy Sovianita, menambahkan, sejak dilakukan konferensi pers terkait.seleksi Bawaslu, beberapa waktu lalu, para staf sudah stand by di sekretariat timsel.

“Sebab tidak semua yang berminat mendaftar bisa mendownload formulir tersebut. Sehingga meraka datang menanyakan dan ada juga yang meminta formulir secara langsung,” jelasnya.

Menurutnya, antusias masyarakat yang ingin mendaftar kali ini lebih tinggi dibanding dengan sebelum-sebelumnya.

“Ini cukup signifikan, karena baru sekian hari diumumkan, sudah 400-an yang mendownload,” katanya.

Hal itu, kata dia, karena pengumuman seleksi juga cukup massif, termasuk melalui akun-akun pribadi staf sekretariat.

“Bahkan spanduk di 13 kabupaten/kota sudah dipasang di tempat-tempat strategis untuk mendorong masyarakat untuk mendaftar,” ujarnya.

Ia berharap, jumlah yang mendownload formulir dengan yang mengembalikan, tetap sama. Namun, kata dia, berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, jumlah yang mengembalikan formulir hanya separuh dari yang mendownload.

Di tempat yang sama, Ketua Timsel, Dr Ratna Dewi Pettalolo, meminta kepada pendaftar agar tidak memasukkan berkas di injury time, agar jika ada kesalahan atau kekurangan berkas, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan.

Timsel sendiri telah menyusun jadwal tahapan seleksi, mulai dari pengumuman pendaftaran, hingga penyampaian enam nama calon anggota Bawaslu Sulteng periode 2022-2027, ke Bawaslu RI.

Timsel akan membuka pendaftaran pada Rabu tanggal 22 sampai Kamis tanggal 30 Juni 2022. Selanjutnya, timsel juga akan membuka perpanjangan pendaftaran, mulai tanggal 30 Juni sampai 5 Juli 2022. Tahapan pendaftaran tersebut akan berlangsung hingga pengumuman seleksi berkas pada tanggal 13 Juli 2022.

Tes tertulis akan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2022, dilanjutkan dengan tes psikologi tanggal 19 – 20 Juli, dan hasil dari kedua tes tersebut akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2022 disertai permintaan tanggapan masyarakat hingga tanggal 29 Juli.

Tahapan ini akan bersamaan dengan tes kesehatan dan wawancara yang akan berlangsung dari tanggal 26 – 29 Juli, kemudian diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2022.

Tahap terakhir di timsel adalah penyampaikan enam nama yang dinyatakan lolos seleksi ke Bawaslu RI pada tanggal 9 – 10 Agustus 2022. Sementara itu, tahapan di Bawaslu RI, yakni uji kepatutan dan kelayakan yang akan berlangsung tanggal 22 sampai 26 Agustus dan pengumuman tiga nama yang menjadi Anggota Bawaslu Sulteng pada tanggal 12 September 2022.

Tiga nama yang terpilih akan dilantik dan mengikuti pembekalan pada tanggal 21 – 23 September 2022.(RIFAY)