BWS Tanam Pohon di Lokasi Bendungan Gumbasa

oleh -
Bupati Sigi Sisliandy menanam pohon di sekitar lokasi Bendungan Irigasi Gumbasa, Sabtu (5/12). (FOTO: IST)

SIGI – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III, menggelar kegiatan penanaman pohon Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air, di Lokasi Bendungan Irigasi Gumbasa, Desa Pandere, Sabtu (05/12).

Kegiatan diawali dengan mengikuti acara seremoni secara virtual bersama Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono, serta sejumlah pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang melaksanakan kegiatan serupa. Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti PU ke-75, bertema “Sigap Membangun Negeri”.

“Semua proses pembangunan PUPR harus berdampak pada penyediaan lapangan kerja, dan salah satunya melalui kegiatan pemeliharaan tanaman yang dapat berkerjasama dengan masyarakat sekitar,” kata Mentri PUPR.

Jenis tanaman yang ditanam adalah, tanaman produksi di antaranya, mangga, nangka, alpukat, asam, juga beberapa jenis kayu seperti, mahoni dan ketapang kencana.

BWS Sulawesi III menyediakan 1000 bibit tanaman yang disebar di tiga lokasi yaitu, di Gumbasa Kabupaten Sigi, Sausu Moutong, dan Majene-Sulawesi Barat.

Pjs.Bupati Sigi Sisliandy, yang menghadiri kegiatan penanaman pohon itu berharap, kegiatan penanaman ini tidak hanya memberikan dampak terhadap aspek ‘Go Green’, tetapi juga sekaligus aspek sosial masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi, sesuai arahan menteri.

“Melalui jenis tanaman produksi ini, diharapakan nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Bupati Sigi.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala BWS Sulawesi III, Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tengah, Camat Gumbasa, Ikatan Pensiunan PUPR, serta pengelola irigasi Gumbasa.

Reporter: Hady
Editor: Nanang