Bupati Sigi Lepas Peserta Jambore Nasional 2022

oleh -
Bupati Sigi Mohammad Irwan saat melepas kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sigi ke Jambore Nasional, Ahad (7/8). izfaldy

SIGI – Bupati Sigi, Mohamad Irwan melepas sebanyak 28 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sigi untuk mengikuti Jambore Nasional tahun 2022 di Cibubur, Jakarta.

“Ini adalah momentum baik untuk Kwarcab Sigi bisa belajar sekaligus bertindak dalam mempererat dan memperkokoh persatuan bangsa melalui Jambore Nasional,” kata Mohamad Irwan saat melepas kontingen Pramuka di Sigi, Ahad (7/8).

Ia menjelaskan tantangan dalam membina kaum muda sangat besar, maka gerakan Pramuka dengan nilai pendidikan yang ada memerlukan pemimpin yang berkomitmen tinggi, serta rasa patriotisme dan ikhlas mengabdikan diri demi kepentingan bangsa.

Bahkan, kata Irwan, tantangan dalam membina kaum muda ke depan masih juga besar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

Selain itu, masih ditemukan berbagai masalah sosial serta menurunnya semangat kebangsaan, hingga minimnya tekad bela negara yang memicu adanya indikasi keterlibatan kaum muda pada gerakan intoleran.

“Oleh karena itu, Gerakan Pramuka Sigi beserta para anggota diharapkan dapat mengembalikan jati diri kaum muda Indonesia melalui temu penggalang se-nusantara dalam Jambore Nasional 2022. Sekaligus dapat menjadi penangkal gerakan intoleran yang mencoba merusak generasi IndonesiaIndonesia,” jelas Irwan yang juga Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Sigi itu.

Sementara Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Sigi, Rizal Intjenae mengemukakan Jambore Nasional (Jamnas) ke- 11 Tahun 2022 akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Peserta Kontingen Kwarcab Pramuka Sigi berjumlah 28 orang terdiri atas 12 peserta putra dan 12 peserta putri dengan didampingi masing-masing dua orang pembina pendamping.

Peserta tersebut merupakan hasil seleksi Jambore Cabang Sigi 2021 lalu di Bumi Perkemahan Sigi.

“Kontingen Kwarcab Sigi akan mulai bertolak ke Jakarta menggunakan transportasi laut selama empat hari menuju Pelabuhan Surabaya, setelah itu dilanjutkan menggunakan bus ke Cibubur, Jakarta,” ujar Rizal. (Faldi)