BNPB Pastikan Korban Banjir Torue Dapat Huntap

oleh -

PARIMO – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pastikan korban terdampak bencana banjir bandang di Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mendapatkan hunian.

“Setelah tanggap darurat teratasi, selanjutnya masuk pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, di masa ini akan dihitung penanganan jangka pendek,” ungkap Letjen TNI Suharyanto, di Parimo, Ahad (31/07).

Ia memastikan, warga yang kehilangan tempat tinggal maupun rusak berat, sedang dan ringan mendapatkan kembali hunian mereka dari bantuan pemerintah.

“Kemungkinan yang harus kita lakukan, yakni Intervensi rehabilitasi dan rekonstruksi menggunakan dua skema,” jelasnya.

Kata dia, hunian warga dapat dibangun kembali di lahan sepanjang lokasi masih layak untuk dibangun hunian atau skema relokasi atau hunian tetap (huntap) dibangun di tempat lain yang aman.

Ia menuturkan, BNPB dan kementerian terkait menyiapkan infrastruktur bagi korban banjir, sehingga diharapkan Pemda dapat menyiapkan lahan bagi para korban.

Ia menambahkan, skema jangka panjang yakni penyiapan rencana kontigensi dan tahap-tahap pencegahan, diantaranya perbaikan lingkungan, normalisasi sungai maupun penghijauan.

“Perencanaan kontigensi kewenangan pemerintah kabupaten dan provinsi dan kami dipusat akan mendampingi,” pungkasnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin