Baru Lima Hari Dibuka, Pendaftar UTBK SBMPTN Untad Sudah 4.538 Orang

oleh
Yutdam Mudin

PALU – Pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020 di Universitas Tadulako (Untad) telah mencapai 4.538 orang pada Ahad  7 Juni siang.

“Lima hari setelah pembukaan pendaftaran UTBK SBMPTN, yang akan mengikuti ujian di Untad sudah 4.538 orang,” ungkap Koordinator Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Untad, Yutdam Mudin,  Senin (08/06).

Dia menerangkan ribuan pendaftar tersebut akan mengikuti UTBK di Untad dengan berbagai pilihan kampus se-Indonesia. Pendaftar hanya mengikuti UTBK di Untad, namun pilihan kampus berbeda-beda.

Dijelaskan, pendaftaran UTBK SBMPTN telah dimulai sejak 2 sampai 20 Juni pukul 23.00 waktu setempat. Pendaftaran secara online dengan syarat harus memiliki akun LTPMT yang sudah diberikan kesempatan sejak 2 Desember 2019 sampai 5 April 2020

Menurut Yutdam, soal UTBK SBMPTN secara nasional disamakan, hanya berbeda tipe/kode. Itu artinya, dimanapun pendaftar mengikuti UTBK SBMPTN sesuai tipe/kode, akan mengerjakan soal yang sama secara nasional. Hal ini dilakukan agar pendaftar bisa memilih kampus terdekat di daerah masing-masing untuk mengikuti UTBK. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Jadi tidak benar bagi yang mengatakan soal UTBK SBMPTN di Untad dengan Unhas berbeda, itu hoaks,” ucapnya.

Yutdam mengatakan Untad telah menyiapkan sekitar 29 ruangan untuk pelaksanaan UTBK SBMPTN. Ruangan-ruangan tersebut tersebar di kampus Untad dan di tiga sekolah yaitu SMK 1, SMK 2, dan SMK 3 Palu. Adapun UTBK SBMPTN dijadwalkan mulai 5 sampai 12 Juli dengan total 30 sesi.

“Kapasitas ruangan kami mencapai 13.650 orang dengan total 30 sesi. Jadi setiap hari bisa sampau delapan sesi,” ujarnya.

Yutdam memastikan, pelaksanaan UTBK akan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Jarak komputer yang satu dengan yang lain dipisah sekitar 1,5 meter di masing-masing ruangan. Satu ruangan maksimal 20 komputer. Peserta yang akan mengikuti UTBK harus mengunakan masker dan dicek suhu tubuh. Panitia LTPMT akan menggandeng Tim Satgas Penanganan Covid-19 Untad.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tengah,” terang Yutdam.

Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN yang dibebankan kepada masing-masing peserta sebesar Rp150 ribu. Adapun untuk pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan disampaikan pada 25 Juli 2020. (YAMIN)

Donasi Bencana Sulbar