Barisan Abnaul Chairaat Deklarasi Nasional, Diketuai Habib Shaleh

oleh

PALU – Salah satu organisasi masyarakat (Ormas) diberi nama Barisan Abnaul Chairaat, dideklarasikan secara Nasional di bukit Asybaalul Khairaat Kabonena, Jum’at malam tadi (8/4).

Ormas Barisan Abnaul Chairaat tersebut, diketuai oleh Habib Sayid Shaleh bin Muhamad Aldjufri.

Ketua Umum Nasional Barisan Abnaul Chairaat, Habib Shaleh Muhamad Aldjufri, dalam sambutannya, di lingkungan Alkhairaat sendiri telah terbangun organisasi atau badan otonom (Banom) untuk merangkul dan menghimpun para Abnaul Khairaat, dan banyak pilihan untuk ikut bergabung di dalamnya seperti, Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA), Wanita Islam Alkhairaat (WIA), Persatuan Guru Alkhairaat (PGA), Ikatan Alumni Alkhairaat (IKAAL) dan Banat Alkhairaat.

“Namun untuk barisan Abnaul Chairaat, orang-orang yang berhimpun di dalamnya, tidak memandang bulu tua dan muda. Bagi siapapun yang ingin bergabung di dalamnya, tidak terbatas usia,” kata Habib Shaleh.

Selanjutnya kata Habib yang juga anggota DPD RI ini mengatakan, dasar terbentuknya barisan Abnaul Chairaat bertujuan untuk, menjaga marwah dan lembaga Alkhairaat, sehingga akan terus hidup dan berkembang.

Dengan adanya barisan Abnaul Chairaat, semoga dapat menjadi benteng untuk meluruskan akidah umat Islam, khususnya berkaitan dengan situasi dan kondisi saat ini. Di mana umat Islam, telah dinodai oleh segelintir oknum, atau kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan khawatir, lembaga ini tidak seperti lembaga lainnya yang melakukan aksi demo dan hal lainnya. Pemerintah menjadi mitra kita dan bila ada hal hal yang melanggar, barisan Abnaul Chairaat siap menerima masukan. Namun sebaliknya, bila ada pemerintah tidak lagi sejalan dengan tujuannya, kita juga siap akan menegurnya,” tekan habib.

Ia berharap dengan berdirinya Ormas ini, Insya Allah kecintaan terhadap Alhairaat bisa tumbuh dan tetap ada ada. Dan Ormas ini juga bisa menjadi semangat baru untuk warga Alkhairaat di seluruh Nusantara.

Dia juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh tamu undangan, khususnya kepada pimpinan daerah maupun instansi yang ada di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Deklarasi Nasional Barisan Abnaul Chairaat mengambil tema “Sami’na Wa Ata’na Abnaul Chairaat Maju dan Bangkit”.

Hadir dalam acara deklarasi Nasional itu di antaranya, Bupati Sigi Mohamad Irwan, Kapolda Sulteng yang diwakili Dir Intelkam Polda Sulteng, Kapolres Sigi diwakili KASAT BINMAS, Kapolres Palu yang diwakili Kasat Intelkam, dan perwakilan dari Pemerintah Kota Palu serta pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan pengurus Asybaalul Khairaat.

Rep: Hady/Ed: Nanang