Bamus DPRD Kota Palu Kembali Bahas Perubahan Jadwal Sidang Cawu III 2020

oleh
Suasana Rapat Bamus DPRD Kota Palu, yang membahas Rancangan Perubahan ke empat jadwal masa sidang Carturwulan III Tahun Sidang 2020, di Ruang Sidang Utama DRPD Kota Palu. Senin (12/10) (FOTO : YAMIN)

PALU – Badan musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, kembali membahas Rancangan Perubahan ke empat jadwal masa sidang Carturwulan (Cawu) III Tahun Sidang 2020.

Rapat Bamus tersebut dilaksanakan, di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Palu. Senin (12/10), dipimpin Wakil Ketua II DPRD Kota Palu, Moh. Rizal, dihadiri anggota-anggota Bamus DPRD, Sekretaris DPRD Kota Palu, pemerintah Kota Palu diwakili Asisten I, Moh. Rifani beserta kepala dan perwakilan Organisasi Perangkat Daereah (OPD) terkait. Diantaranya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kota Palu, Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur Bapeda, Kabid Anggaran mewakili Kabag Hukum, perwakilan Dinas Tataruang dan Pertanahan.

Dikesempatan itu Rifani menyampaikan, surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berdampak terhadap jadwal masa persidangan Cawu III yang telah disepakati bersama beberapa waktu yang lalu.

“Oleh karena itu, sore ini kita sama-sama membahas kembali, dan beberapa point tadi yang sudah disampaikan pimpinan sidang terkait dengan surat edaran Mendagri,” katanya.

Terkait dengan kesiapan-kesiapan Bamus dan Pemerintah Kota Palu, penyusunan Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang  Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)  dan  Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), pihaknya telah menghadirkan dari Dinas Tataruang dan Pertanahan, yang akan memerikan masukan terkait pembahasan dalam rapat.

Sebelumnya, Moh. Rizal mengatakan, Surat edaran Mendagri dikeluarkan tanggal 1 Oktober 2020, sedangkan rapat di DPRD Kota Palu dan pembentukan Pansus dilaksanakan setelahnya.

“Artinya, harusnya kita menyesuaikan walaupun informasinya baru kita dapat setelah pembentukan Pansus. Olehnya itu kita harus menyesuaikan. Sehingga Pansus ditunda dan kita kembali untuk penyusunan, sesuai dengan yang diamanatkan dalam surat edaran tersebut,” terangnya. (YAMIN)

Donasi Bencana Sulbar