Awali Tugas Sebagai Kapolsek Labuan, Ini Terobosan Ipda Fikri Menangkal Paham Radikalisme

oleh

DONGGALA – Mengawali tugas-tugasnya pasca dilantik dan serah terima jabatan tanggal 1 November 2019 lalu, Ipda Moh. Fikri langsung membangun sinergitas kemitraan dengan unsur pemerintah, TNI dan masyarakat yang berada dalam wilayah Polsek Labuan, Polres Donggala.

Hingga seminggu setelah sertijab, Kapolsek Labuan telah mengunjungi dua camat yang ada di wilayah hukum Polsek Labuan, yakni Camat Labuan dan Camat Tanantovea, termasuk berkunjung ke Koramil dan sejumlah kepala desa di dua kecamatan tersebut, antara lain Kepala Desa Bale, Guntarano, Labuan, Wani Satu, Labuan Salumbone, Wani Lumbupetigo dan Wombo Mpanau.

“Ini pertama kali saya menjabat Kapolsek, sehingga hal pertama yang harus saya lakukan adalah membangun sinergitas kemitraan dengan unsur pemerintah, TNI serta elemen masyarakat setempat dalam rangka membangun hubungan kerja sama yang produktif serta kemitraan yang harmonis untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat agar tetap kondusif,” ujar Fikri kepada MAL, Senin (11/11).

Tak sampai di situ, pria dikenal dengan keramahannya itu juga turut menyambangi para tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda setempat dalam rangka memperkenalkan diri, melalui kegiatan safari ibadah shalat berjamaah dan menghadiri sejumlah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah.

“Kegiatan silaturahmi dilakukan sekaligus sosialisasi tiga prinsip pelayanan yang diterapkan di Polsek Labuan, yaitu kecepatan, penyelesaian dan kepuasan. Karena ketiga hal tersebut yang sangat diharapkan oleh masyarakat untuk dibenahi dan diperbaharui oleh Polri dalam mengatasi berbagai ketimpangan, persoalan kinerja dan hal-hal yang dianggap tidak profesional serta proporsional,” tambahnya.

Tak sampai di situ, mengatasi permasalahan hukum di masyarakat, Polsek Labuan juga telah merintis kemitraan dengan sejumlah LSM seperti Lembaga Bantuan Hukum Sulteng, Yayasan Sikola Mombine dan Forum Anak.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka edukasi hukum, pencegahan serta perlindungan terhadap perempuan dan anak serta kaum marjinal.

Demikian halnya untuk mencegah pengaruh radikalisme, Kapolsek bersama personelnya telah melakukan sambang ke sejumlah pondok pesantren untuk menjadikan pesantren sebagai benteng dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme.

Kata Fikri, saat ini, personel Polri khususnya yang bertugas di Polsek sebagai lini terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan  masyarakat. Hal itu perlu dilakukan  dengan  cara  mengubah paradigma,  dari yang semula menitikberatkan pada pendekatan yang reaktif dan konvensional, menuju pendekatan yang proaktif dan mendapat dukungan publik dengan mengedepankan  kemitraan dalam memecahkan permasalahan sosial.

“Karenanya, ke depan sejumlah program telah kami siapkan. Selain safari ibadah secara rutin, juga ada kegiatan safari desa, bhakti sosial dan bhakti pendidikan. Diharapkan program-program tersebut dapat mencegah pengaruh radikalisme, peredaran narkoba, perkelahian antar pemuda/warga, kasus pencurian/curanmor, serta aksi-aksi kriminalitas lainnya,” ujar pria yang sebelumnya bertugas di Direktorat Intelkam Polda Sulteng tersebut.

Selain itu, pihaknya juga telah menggagas program Bhabinkamtibmas Berbasis Multimedia dalam rangka melawan penyebaran berita bohong, ujaran kebencian dan SARA melalui media social dan media online yang dewasa ini semakin marak.

Untuk mempercepat informasi dan aduan masyarakat, pihaknya telah menyosialisasikan akun media sosial Polsek Labuan di Facebook dengan nama akun “Polsek Labuan Donggala” kemudian melalui Instagram dengan nama akun “polseklabuandgl” serta WhatsApp di nomor 082290784685 yang juga on call 1 kali 24 jam.

“Saya berharap kehadiran saya sebagai Kapolsek yang baru dapat diterima dan didukung oleh seluruh elemen yang ada di wilayah Polsek Labuan, serta seluruh personel Polsek Labuan tetap solid dan semangat dalam mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang profesional, modern dan terpercaya,” tutup Ipda Fikri. (RIFAY)