Antivirus Corona Ditemukan, Pemda Diminta Segera Koordinasi dengan Kementan

oleh
Habib Shaleh bin Muhamad Aldjufri

PALU – Kementerian Pertanian (Kementan) RI dikabarkan telah menemukan formula antivirus untuk menangkal virus corona (Covid-19). Sejauh ini, antivirus yang terbagi dalam lima jenis produk tersebut, tiga di antaranya telah dipatenkan, termasuk antivirus jenis aroma terapi.

Antivirus ini berbasis tanaman dan akan diproduksi Kementan pada Bulan Agustus mendatang.

Menyikapi kabar gembira ini, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah, Habib Shaleh bin Muhamad Aldjufri, mengaku bersyukur atas penemuan tersebut.

“Berita ini sangat menggembirakan bagi kita semua khususnya warga Sulawesi Tengah. Pemerintah daerah harus gerak cepat untuk melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan kementerian terkait,” katanya, Sabtu (04/07).

Ketua Pengurus Besar (PB) Alkhairaat itu menambahkan, jika memang benar formula tersebut bisa menyembuhkan virus corona, maka pemerintah daerah harus sesegera mungkin memesan demi kepentingan masyarakat Sulteng.

“Semoga Allah mengangkat virus corona ini,” harapnya.

Diketahui terdapat lima jenis produk antivirus yang ditemukan Kementan tersebut, yakni roll on, inhaler, balsamkalung, serta aroma terapi tetes.

Tiga diantaranya telah dipatenkan, termasuk antivirus jenis aroma terapi.

Formula antivirus ini dibuat dari daun eucalyptus atau kayu putih yang diketahui mempunyai bahan aktif berupa minyak atsiri. Di mana minyak itu mengandung 1,8 sineol yang disebut eucalyptol.

Senyawa inilah yang bisa menghambat replikasi dari virus corona dan influenza.

Antivirus ini sudah diuji kepada sejumlah pasien Covid-19. Rata-rata mereka mengaku merasa nyaman setelah menggunakan beberapa produk tersebut. (RIFAY)

Iklan-Paramitha