Anggaran “Festival Tangga Banggo” akan Dinaikkan

oleh -
Kegiatan pembukaan Festival Tangga Banggo Siranindi, Kamis kemarin. (FOTO: HUMAS PEMKOT PALU)

PALU – Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido membuka Festival Tangga Banggo III Kelurahan Siranindi, Kamis (22/09).

“Ternyata festival ini cukup berdampak terhadap ekonomi masyarakat Kota Palu, terutama UMKM. Ada budayanya, ada juga perekrutan tenaga kerja, khususnya yang ada di Kelurahan Siranindi,” katanya Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido mengapresiasi festival tahunan tersebut.

Ia mengatakan anggaran tahun 2023 untuk Festival Tangga Banggo akan dinaikkan karena melihat keseriusan masyarakat Kelurahan Siranindi. Dengan begitu, kata dia, maka diharapkan masyarakat bisa lebih merasakan kebudayaan yang ada di Kota Palu, khususnya di wilayah Kelurahan Siranindi.

Festival Tangga Banggo III kali ini akan diselenggarakan sejak tanggal 22 – 25 September 2022 sebagai pra event rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Kota Palu yang jatuh pada tanggal 27 September 2022 mendatang.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di festival tersebut, seperti pertunjukkan seni, lomba dan kegiatan sosial, kuliner, pasar murah, seminar, pameran, dan lain-lain.

Dikutip dari Komunitas Historia Sulawesi Tengah, Siranindi dahulu merupakan pusat kerajaan Palu yang dikuatkan dengan adanya Baruga Tangga Banggo.

Sejatinya, Baruga Tangga Banggo merupakan tempat diadakannya pertemuan raja dan perangkat kerajaan Palu kala itu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Pakamundi, Kepala Bappeda Kota Palu Arfan dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay