Alodokter Fasilitasi Telekonsultasi Gratis untuk Pasien Covid-19

oleh -

JAKARTA – Alodokter, sebuah perusahaan pengembang teknologi solusi kesehatan di Indonesia, menghadirkan layanan kesehatan berupa pendampingan melalui telekonsultasi dokter pribadi secara gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sejak Mei 2020.

Program ini didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI karena melihat perkembangan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, di mana pemerintah telah menetapkan status siaga darurat.

Program ini dikembangkan oleh Kemenkes menjadi salah satu program pemerintah untuk menyediakan layanan telekonsultasi dokter dan paket obat isolasi mandiri gratis bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Pemerintah bekolaborasi dengan 10 telemedicine dan juga partner lainnya untuk mendukung program ini.

Saat ini, program pemberian paket obat isoman gratis dari Kemenkes hanya berlaku untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan di wilayah DKI Jakarta yang menerima notifikasi WhatsApp dari Kemekes RI (dengan centang hijau).

Co- Founder dan Director Alodokter, Suci Arumsari, mengatakan, besar harapan program kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dan mereka yang menjalani isolasi mandiri.

“Alodokter terus berupaya dalam memberikan pendampingan, edukasi, dan layanan kesehatan kepada masyarakat serta mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini,” ujarnya, belum lama ini.

Integrasi dan koordinasi antara Kemenkes dan Alodokter masih terus berjalan saat ini berdasarkan guideline yang ditetapkan oleh Kemenkes. ***