Alkhairaat Diusul Jadi Nama Salah Satu Ruas Jalan di Ternate

oleh -334 Kali Dilihat
Launching Harlah Alkhairaat yang digelar kalangan pendidik, siswa dan alumni Alkhairaat atau Abnaulkhairaat, Ahad (31/1) pagi di Dhuafa Center Ternate.(FOTO : IST)

TERNATE – Jasa besar Habib Sayyid Idrus bin  Salim Al Jufri (Guru Tua) dengan lembaga pendidikan Alkhairaat di seantero Maluku Utara bahkan Indonesia, maka tidak berlebihan, jika diabadikan nama lembaga ini untuk salah satu ruas jalan di Kota  Ternate.  

Hal ini mengemuka saat acara Launching Harlah Alkhairaat yang digelar kalangan pendidik, siswa dan alumni Alkhairaat atau Abnaulkhairaat, Ahad (31/1) pagi di Dhuafa Center Ternate.

Dikutip dari indotimur.com, Launching  ini dilakukan  oleh Gubernur Maluku Utara H Abdul Gani Kasuba yang juga tokoh dan ulama Alkhairaat.

Kegiatan ini sekaligus menandai rangkaian kegiatan sebelum acara puncak Hari Ulang Tahun  pada 30 Juni 2021, di Bacan Halmahera Selatan.

Launching sendiri ditandai dengan pukul tifa oleh Gubernur bersama para pejabat dan tokoh Alkhairaat yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Gubernur sempat bercerita banyak hal tentang  kiprah Alkhairaat  dan perannya bagi pendidikan di daerah ini.

Sebelumnya,  perwakilan Komisariat Wilayah Alkhairaat Provinsi Maluku Utara Hasby Yusuf, saat menyampaikan pidato dalam launching itu menyentil tiga hal penting menyangkut keberlangsungan lembaga pendidikan Islam ini di Maluku Utara.

Menurutnya, tugas  Alkhairaat sekarang ini, pertama mendorong penguatan pendidikan diniyah yang menjadi basis pendidikan agama  Alkhairaat selama ini.

“Untuk pendidikan Alkhairaat juga focus untuk pengembangan pondok pesantren,” kata Hasby.

Selain itu yang penting juga menginventarisasi dan menjaga  berbagai asset  penting yang dimiliki dan tersebar di berbagai tempat di Maluku Utara.

Terakhir, menghargai jasa dan peran yang dijalankan guru tua dan Alkhairaat dalam mengembangkan model pendidikan agama,  perlu  memberi penghargaan nama jalan Alkhairaat untuk salah satu ruas jalan di Kelurahan Kalumpang Kota Ternate.

Jalan ini ada di mana pondok pesantren Alkhairaat berdiri. Hal ini katanya  menjadi agenda  penting diusulkan ke pemerintah Kota Ternate.

Kesempatan itu juga   Hasby turut memberikan penghargaan dan rasa terimakasih bagi  panitia yang telah bersusah payah menyiapkan kegiatan ini.  

Ketua Panitia Harlah Alkharaat ke- 91 dan Temu Alumni Alkhairaat (TAA) Fahria Siraju, saat  launching menyampaikan, ada beberapa acara  nanti yakni sosialisasi dan publikasi kegiatan Temu Alumni Abnaulkhairaat,  peluncuran website Abnaulkhairaat, siaran interaktif di RRI Ternate dengan topik  sosial keagamaan secara berkala,  study tour Abnaulkhairaat,  bursa souvenir  dan atribut Alkhairaat, peringatan Milad Guru Tua, Peringatan Haul Guru Tua dan peresmian gedung baru  Alkhairaat di Desa Foya Gane Timur  serta peringatan HUT Alkhairaat  ke 91 dan pengukuhan  pengurus Wilayah Ikatan Alumni ALkhairaat (IKAAL) Maluku Utara  saat acara puncak di Labuha Bacan. **