34 PKB/PLKB Jalani Sertifikasi Secara Online di BkkbN Sulteng

oleh -
Penyuluh KB di Lingkungan BkkbN Sulteng sedang menjalani tes sertifikasi secara Online , di Ruang Pola Kantor BKKBN Sulteng. Rabu(4/11) (FOTO : Dok BKKBN Sulteng)

PALU – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional  (BkkbN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan sertifikasi penyuluh KB secara online, Rabu (4/11).

Sebanyak 34 tenaga Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) dari Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Buol dan Tolitoli ikut dalam sertifikasi tersebut.

Sertifikasi yang dipantau langsung Kepala Perwakilan BkkbN Sulteng, Maria Ernawati ini digelar didua lokasi berbeda. Yakni, di Ruang Pola Kantor BkkbN Sulteng  dan WiFi Corner Telkom.

Dikesmepatan itu, Maria Ernawati mengatakan, seluruh materi sertifikasi diakses melalui website sertifikasi.bkkbn.go.id.

“Kami memantau jalannya sertifikasi sekaligus memberi mereka arahan dan semangat,”kata Maria.

Dia menjelaksan, PKB/PLKB diwajibkan mengikuti ujian sertifikasi. Kali ini materinya terdiri dari 155 soal dengan waktu 5 jam. Sertifikasi menurutnya sebagai upaya mewujudkan tenaga lini lapangan program KKBPK yang kompeten, berintegritas, dan professional

Dia menambahkan, sertifikasi tahun ini dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi  pertama telah dilaksanakan Rabu 4 November 2020.

Kemudian dua sesi lainnya, dijadwalkan pada tanggal 9 November 2020, masing-masing untuk Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dan Banggai Kepulauan (Bangkep).

Sedangkan sesi ke tiga rencananya digelar pada 11 November 2020 untuk Kabupaten Poso, Morowali dan Morowali Utara (Morut).

“Hal ini dilakukan agar  tidak terjadi flood/ overload pada server pusat ketika mengakses web secara bersamaan,” tandasnya. (YAMIN).