19.896 KK Miskin di Kota Palu Layak Tersentuh PKH

oleh
Muhammad Natsir, SP, M.AP

PALU – Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) dari Pengelola Program Keluarga Harapan (PKH), sebanyak 19.896 Kepala Keluarga (KK) di Kota Palu tercatat masuk dalam garis kemiskinan dan layak sebagai penerima manfaat PKH.

“19.896 KK itu belum semua masuk dalam daftar penerima manfaat dari PKH, karena kuotanya terbatas. Hingga saat ini penerima PKH di Kota Palu sebanyak 8.945 KK saja,” ujar Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) PKH Provinsi Sulteng, Muhammad Natsir, di Palu, Rabu (13/11).

Natsir menjelaskan, 19.896 KK itu merupakan data kemiskinan yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang layak untuk diajukan, tetapi belum tentu masuk dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sebab, kata dia, pengusulan baru bisa dilakukan saat ada KPM yang sudah dinyatakan keluar dari zona graduasi atau kemiskinan melalui asesmen.

“Kalau peserta sudah dinyatakan graduasi, maka  keluar dari kepesertaan. Kemudian diajukan lagi masyarakat yang layak untuk menggantikan sesuai jumlah yang graduasi tadi,” terangnya.

Sejauh ini, kata dia, penyaluran dana PKH di Sulteng, khususnya di Kota Palu yang dilakukan per triwulan, telah berjalan baik sesuai prosedur yang telah ditentukan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu juga menyampaikan hal yang sama, bahwa penyaluran dan PKH sudah dilakukan sesuai jadwal dan tepat sasaran.  (YAMIN)