YCP dan ROA Bantu Penyintas Bencana di Enam Kecamatan

oleh

PALU – Tim kerja sama response Covid-19 YCP (Yayasan Care Peduli) dan Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) Sulteng mendistribusikan bantuan kepada para penyintas bencana alam di 6 kecamatan yang ada di Kota Palu, Rabu (14/10).

Enam kecamatan yang diintervensi itu adalah Mantikulore, Palu Utara, Palu Barat, Ulujadi, Tatanga dan Palu Selatan.

Untuk menentukan penerima manfaat, tim menyasar huntara-huntara dan melakukan assesmen lebih dahulu, guna mendapatkan informasi dan data calon penerima untuk didiskusikan dan dievaluasi oleh tim, sekaligus menentukan kebutuhan apa saja yang mendesak di masa pandemi covid ini.

Dari hasil assesmen, maka dipilihlah 20 huntara dengan total penerima manfaat sebanyak 1257 KK.

Metode pendistribusian bantuan ialah membuat kemitraan dengan kios-kios yang berada di sekitar huntara, dengan membagikan voucher kepada penerima sebagai bukti untuk mengambil paket yang berada di kios-kios tersebut.

Sebanyak 12 kios diajak untuk bekerja sama demi memudahkan penyintas dalam memperoleh bantuan.

Terdapat lima jenis bantuan dalam satu paket, yakni beras 10 Kg, minyak goreng 2 liter, telur 30 butir, gula merah 1 kg dan kacang hijau 1 liter.

“Kita ketahui bersama bahwa penyintas seperti mendapat ujian hidup yang beruntun, setelah melewati gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter, kini kembali diperhadapkan dengan bencana non alam pandemi Covid-19 yang membuat warga penyintas kehilangan pekerjaan,” ungkap Yusman dari ROA Sulteng.

Yusman menambahkan, meskipun pandemi ini dirasakan semua kalangan, namun dalam prosesnya, pihaknya masih memprioritaskan kelompok rentan sebagai penerima manfaat bantuan.

Salah satu penerima manfaat, Aladin, mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tersebut.

“Bantuan pangan ini sangat membantu kami di saat pandemi seperti sekarang ini. Kami sangat berterima kasih sekali kepada Yayasan Care Peduli dan ROA Sulteng yang telah membantu kami,” tutur Aladin. (RIFAY)

Iklan-Paramitha