WHO Seriusi Penanganan Penyakit Kusta di Sigi

oleh
Tim dari WHO, Mr. Yohei Sasakawa bbersama rombongan berfoto bersama dengan Bupati Sigi dan jajarannya, Selasa (20/03). (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Organisasi kesehatan Persekutuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni World Health Organization (WHO) melalui timnya dari negara Jepang, Mr. Yohei Sasakawa bersama rombongan, melakukan audience bersama Bupati Sigi dalam rangka pengendalian penyakit kusta, di ruang kerja bupati, Selasa (20/03). Audience tersebut juga turut dihadiri tim pengendalian kusta dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Mr Yohei Sasakawa mengatakan, kunjungan tersebut tidak lain untuk menyosialisasikan tentang penyakit kusta kepada pemerintah setempat.

Bagi Bupati Moh Irwan Lapatta, kunjungan tersebut sangat penting bagi daerah, mengingat saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sedang memprogramkan peningkatan layanan dasar masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Kata Bupati, penyakit kusta di Sigi sudah ada sejak dahulu, sehingga dituntut kesadaran masyarakat untuk melakukan pengobatan penyakit tersebut di Puskesmas. Namun semua itu juga memerlukan dukungan akses infrastruktur jalan bagi warga yang bermukim di wilayah terpencil.

“Kami berusaha melakukan yang terbaik untuk masyarakat dan saya berharap pada para Kepala Puskesmas agar terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Kedepan saya berharap agar semua Puskesmas dan Puskesdes di wilayah terpencil, dapat diisi tenaga medis, baik bidan, perawat maupun dokter,” katanya.

Dia juga berharap kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk menyosialisasikan penyakit tersebut kepada para kepala sekolah untuk selanjutnya disampikan kepada masyarakat.

“Jika ada gejala penyakit kusta, maka segera melakukan pengobatan di Puskesmas terdekat,” tutupnya. (HADY)