Warga Tondo Sambut Tahun Baru Islam dengan Doa

oleh
Suasana pawai obor menyambut tahun tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah di Kelurahan Tondo, Rabu (20/9) malam (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid (Risma) Rodha mengelar Doa dan Dzikir Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah.

Kegiatan yang dihadiri ribuan warga itu dilaksanakan di Masjid Raodha Tondo, Rabu (20/9) malam, dipimpin oleh imam Masjid Raodha, Ustadz Tahir.

“Dikesempatan ini mari kita doakan Guru tua, Habib Syaied Idrus Bin Salim Aljufri, pegawai-pegawai syarah, orang-orang tua yang sudah mendahului kita, semoga mereka mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT,” ajak Mukmin yang memandu jalannya kegiatan.

Untuk memeriahkan malam pergantian tahun baru Islam itu,  sebelum doa dan zikir dimulai, peserta melakukan pawai obor dengan menyusuri jalan raya  sekitar 1 KM.  Mulai dari Gudang Bulog Tondo sampai Masjid Raodha.

Peserta pawai obor dari belbagai kalangan usia itu bersatu berbaris menggunakan separuh jalan raya, dengan pengawalan oleh pihak kepolisian, sehingga berjalan dengan tertib.

Salah satu penginisiasi yang juga tokoh pemuda setempat, H. Nanang, mengatakan  sebenarnya kegiatan itu merupakan tradisi leluhur yang sempat hilang. Namun berkat keinginan masyarakat sehingga kembali dilaksanakan dan terbukti mendapat respon positif dari warga, hal itu terlihat dengan tingginya antusias warga.

“Malam ini kita mulai lagi, Insyaallah kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan kami. kita lihat tadi bukan hanya orang dewasa yang memiliki antusias tapi anak-anak juga terlibat sehingga kesempatan ini kita manfaatkan untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai islam,”jelasnya.

Dikesempatan itu, warga juga menyempatkan untuk  mendoakan warga muslim Rohingya  yang sedang mengalami krisis kemanusiaan. (YAMIN)

loading...