Untad Peringati Hari Kesaktian Pancasila

oleh
Suasana upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Rektorat Untad, Selasa (01/10). (FOTO: IST)

PALU – Civitas akademika Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Rektorat Untad, Selasa (01/10).

Di kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Nur Ali selaku Inspektur Upacara, membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Dia menyampaikan, sejak diproklamasikannya Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai idiologi negara,” tuturnya.

Menurutnya, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur idiologi Pancasila, maka bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Republik Indonesia,” katanya.

Sementara Warek Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sagaf Djalalembah, usai upacara, menyampaikan, 1 Oktober merupakan momentum untuk mengambil hikmah bahwa Pancasila telah diganggu, dinodai dan seterusnya secara paksa. Mahasiswa, kata dia, harus mengambil hikmah bahwa sampai saat ini bangsa tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan cita-cita Proklamasi RI. (MELDA)