UNFPA Bersinergi Dengan BKKBN Inisiasi Hari Remaja se Dunia di Sulteng

oleh
Peringatan Hari Remaja se dunia di Palu, Kamis (15/08) (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU–   LSM United Nations Population Fund  (UNFPA) Bersinergi dengan Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng, menginisasi peringatan hari remaja se dunia tahun 2019, menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulteng, Dinas Kesehatan Sulteng, BNNP Sulteng dan PKBI.

Perayaan hari remaja se dunia kali ini mengangkat tema Transformasi Pendidikan ‘Dari yang tidak tahu menjadi tahu’ dengan tag line Dari remaja, oleh Remaja untuk Pembangunan. Dilaksanakan, di Lapangan Vatulemo, Kamis (15/08).

Staf Ahli Bidang hukum dan pemerintahan Setdaprov  Sulteng,  Hj. Siti Norma Mardjanu  mewakili Pemprov  mengapresiasi antusias para remaja dalam merayakan momentum tersebut.

“Atas kepedulian dan peran serta semua pihak terkait, serta teristimewa kepada sejumlah forum remaja yang ada di Kota Palu atas partisipasinya dalam kreatifitas mensukseskan kegiatan ini. Saya sangat berterimakasih, karena ini merupakan harinya remaja untuk berkreasi dan bangkit dari berbagai keterpurukan pasca bencana,”ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton,  mengungkapkan peran remaja dalam pembangunan sangat dibutuhkan terutama dalam menekan angka pernikahan dibawah usia atau perkawinan anak.

“BKKBN punya program yaitu pendewasaan usia perkawinan. Saya ingin sampaikan generasi muda harus melakukan perencanaan sejak dini, agar  masa depan tidak sia-sia. Kalau terencana, semua lebih mudah. Ingat, jangan sampai menikah diusia muda. Sekali lagi, menikah tanpa rencana adalah bencana,”imbuhnya.

Tenny mengatakan, kuantitas itu penting , tapi lebih penting lagi adalah kualitas dalam menjalani masa depan, sehingga semua harus direncanakan dengan baik. Karena remaja merupakan calon pemegang kendali pembangunan, termasuk pembangunan kependudukan.

“Pada hari esok perlu dibekali sejak dini dengan pengetahuan tentang kependudukan. Kita membangun kepedulian sejak dini demi kehidupan anak cucu yang ramah lingkungan,”tandasnya. (YAMIN)