Tradisi Memindahkan Rumah Ala Warga Bakubakulu

oleh
Tradisi pindah rumah warga Desa Bakubakulu, kecamatan Paloloh, kabupaten Sigi yang masih bertahan hingga kini.(MAL/SYAMSUDDIN)

SIGI – Hingga saat ini Warga Desa Bakubakulu, kecamatan Paloloh, Kabupaten Sigi masih terus memelihara tradisi kearifan lokal daerahnya tersebut.

Salah satunya adalah Tradisi pindah rumah yang merupakan warisan leluhur mereka sejak dahulu.

Tradisi tersebut umumnya dilakukan ratusan warga secara bergotong royong usai menunaikan Sholat Jum’at. Baru – baru ini, Jumat (22/2) siang, tradisi tersebut kembali dilakukan warga Dusun 1, Desa Bakubakulu.

Ratusan warga bergotong-royong memindahkan rumah milik Azis, rumah berdinding kayu berukuran 4 x 5 meter tersebut dipindahkan dengan cara dipikul beramai-ramai.

Tidak hanya orang tua dan dewasa, anak-anak pun serta aparat yang berasal dari Kodim 1306 Donggala, ikut turun tangan membantu pemindahan rumah ke lokasi yang baru berjarak sekitar lima ratus meter itu.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Bakubakulu, Muhidin kepada Media Alkhairaat, menuturukan, pemindahan rumah secara bergotong royong memang menjadi salah satu tradisi warga yang telah berlangsung sejak lama, Masyarakat dengan sukarela dan penuh semangat membantu memindahkan rumah warga.

“Ini sudah menjadi tradisi di desa kami dan masih tetap dipelihara, Kami pun senang, mereka bisa hidup rukun dan damai meski berasal dari berbagai suku dan agama,” Ujarnya.

Ditempat yang sama, sang pemilik rumah Azis, menyampaikan terima kasih atas bantuan masyarakat yang secara sukarela bergotong royong memindahkan rumahnya ke lokasi yang baru.

Rumah kecil milik Aziz, yang telah lama dipakainya untuk meretas hidup kini terpaksa dipindahkan, karena posisi rumahnya yang berada ditepi jurang yang rawan amblas.

“Di belakang rumah saya pas jurang, jadi cukup membahayakan keselamatan nyawa kami. Belum lagi di depan rumah kami sekarang lagi pelebaran jalan yang menjadi bagian dari Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD),” Katanya.

Desa Baku-Bakulu memang menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan TMMD ke-104 oleh Kodim 1306 Donggala, di Desa tersebut akan dibangun jalan sepanjang 11,4 kilometer yang menghubungkan Desa Bakubakulu dengan Desa Bobo, Kecamatan Palolo.(SAM)