Tingkatkan Pelayanan, RSUD Poso Launching Aplikasi Pendaftaran Online

oleh
Susana Launching Aplikasi Online di Aula RSUD Poso, pada Jum'at (20/11). (FOTO: MAL/MANSUR)

POSO- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah menggelar launching aplikasi Sistem Pendaftaran (SIDAT) secara online. Launching aplikasi serta website milik RSUD Poso tersebut dihadiri langsung oleh Plh. Bupati Poso, Arfan dan Direktur RSUD Poso dr. Masalindri Hasmar yang digelar di Aula RSUD Poso, pada Jum’at (20/11).

Direktur RSUD Poso dr. Masalindri Hasmar dalam sambutannya, mengatakan, inovasi ini, karena terinspirasi serta ingin bersaing dengan RS yang ada di kabupaten lain dan sudah menerapkan system tersebut yang hasilnya cukup maksimal, khususnya dalam meningkatkan pelayanan.

‘’Kenapa sampai saya ambil kalimat SIDAT Poso. Selain sistem pendaftaran, SIDAT ini merupakan simbol kearifan lokal Poso. Karena SIDAT merupakan jenis ikan yang tangguh yang teradopsi dari RSUD Poso supaya bisa diwujudkan,’’ ungkap Hasmar.

Dia menambahkan, selain akronim dari Sistem Pendaftaran, SIDAT juga merupakan kependekan dari Semangat Iklas Disiplin Amanah dan Tangguh. Dan ini sangat sejalan dengan visi misi Pemda Poso.

Diakuinya sistem pelayanan secara online ini sudah diterapkan di berbagai RS yang ada di Indonesia, sehingga RS Poso termotivasi untuk memberlakukan hal tersebut. Dengan ini pelayanan yang ingin melakukan perawatan bisa mendaftar secara online, melalui handphone ataupun laptop dari rumah saja.

“Jadi pendaftaran pasien atau pelayanan lainnya bisa melalui website RSUD Poso dengan aplikasi. Untuk langkah pertama system pendaftaran online ini masih terbatas pada sisi pendaftaran pasien rawat jalan yang harus terigester melalui rekam medic dengan tanggal lahir.

“Jadi kalau ditulis rekam mediknya dan tanggal lahirnya, secara otomatis nama pasien akan langsung keluar,’’ jelas dr.Hasmar.

Di tempat yang sama, Plh Bupati Poso Arfan, mengatakan launching aplikasi sistem pendaftaran secara online rawat jalan dan website RSUD Poso tersebut merupakan kegiatan penting dan strategis, demi peningkatan mutu serta layanan pihak RSUD Poso.

Menurutnya apa yang telah dilakukan oleh Direktur RSUD Poso bersama jajarannya, melalui inovasi berbasis pelayanan maupun berbasis teknologi merupakan sebuah upaya, serta terobosan yang baik. Perlu diapresiasi sebagai suatu kemajuan.

Bupati menjelaskan system pelayanan berbasis online saat ini semakin trend, dan memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk mempercepat akses dan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang apa saja. Termasuk dalam bidang kesehatan, yang membutuhkan pelayanan cepat untuk kesembuhan pasien.

Dengan adanya aplikasi online yang ada di RSUD Poso, hal tersebut sangat sejalan dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, untuk menghindari antrian serta kerumunan massa di RS dalam mendapatkan pelayanan atau tindakan medis.

“Saya berharap melalui aplikasi ini selain mempercepat pelayaanan. Juga calon pasien rawat jalan bisa melihat langsung data dan riwayat penyakit yang dialami pasien, sehingga dokter, paramedis rumah sakit bisa lebih intensif melakukan pelayaanan terhadap pasien,’’ jelas Arfan sambil mengahiri sambutannya.

Selain Bupati dan Direktur RSUD Poso, launching aplikasi dan website RSUD Poso tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, pihak Kejaksaan, staf dan para tenaga medis RSUD, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut juga tetap memberlakukan protokol kesetahan Covid-19 dengan jaga jarak kursi, serta menyediakan cuci tangan serta hand zanitizer.

Reporter: Mansur
Editor: Nanang

Iklan-Paramitha