Tim Auditor Kanwil Agama Sulteng Kunjungi BAZNAS Sigi

oleh

SIGI – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi, mendapat kunjungan dari tim auditor Kanto Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah dan Kantor Kementerian Agama Sigi, Jumat (04/12).

Rombongan auditor ke Kantor BAZNAS Sigi, Jalan Karajalemba Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru tersebut dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulteng Kiflin Padjala dan didampingi Kasi Zakat dan Wakaf Kemenag Sulteng Umar Godal.

Sementara itu Ketua I BAZNAS Sigi Hadi Wijaya d dampingi Hi. Aifa Djaelangkara dan Ilham menerima rombongan dan melihat langsung kondisi kantor Baznas Sigi yang sementara, menempati bekas mushola di gedung eks Bappeda Sigi.

Umar Godal di kesempatan itu mengatakan, kedatangan mereka ke BAZNAS Sigi, selain untuk melihat langsung kondisi Kantor Baznas Sigi yang hanya menggunakan bekas mushola eks Kantor Bappeda Sigi, juga menanyakan sejumlah hal terkait pengelolaan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) yang sudah dijalankan.

“Kami berharap pengelolaan ZIS berjalan dengan baik. Apalagi Pemkab Sigi telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub) untuk pemotongan zakat di jajaran ASN Pemkab Sigi. Setelah itu membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap Instansi maupun lembaga fertikal,” ujarnya.

Selain itu dia juga menyarankan, agar terus berkoordinasi dengan Pemkab Sigi. dan mengusulkan pada bagian Kesra untuk menyiapkan anggaran persiapan seleksi kepengurusan BAZNAS Sigi berikutnya, Karena tidak akan lama lagi pengurus Baznas Sigi saat ini akan berakhir.

“Jadi nanti sampaikan ke bagian Kesra untuk memasukan usulan anggaran seleksi penerimaan kepengurusan BAZNAS Sigi di tahun 2021. Karena masa tugas pengurus Baznas Sigi saat ini akan berakhir tahun 2022, sehingga anggaran sudah disiapkan memang,” kata Umar Godal.

Sementara Hadi Wijaya menyatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan sosialisasi atas terbitnya Perbub terkait zakat, yang sekaligus memetakan lembaga maupun instansi dalam pembentukan UPZ.

“Insya Allah Januari tahun 2021 pengumpulan ZIS sudah akan berjalan, apalagi dengan dikeluarkannya Perbub pengumpulan zakat pada setiap ASN Sigi”ujarnya.

Diakhir pertemuan Kemenag Sulteng menyerahkan berkas untuk dilakukan pengisian, terkait pengelolaan dan penyelenggaraan Zakat Infaq dan Sedeqah (ZIS) yang sudah dilakukan oleh BAZNAS Sigi.

Reporter: Hady
Editor: Nanang

Donasi Bencana Sulbar