TdCC Jadi Strategi Peningkatan Infrastruktur Jalan

oleh
Suasana rapat evaluasi kegiatan TdCC Tahun 2017 di Aula Pogombo Kantor Gubernur Sulteng. (FOTO: MAL/NANANG IP)

PALU – Suksesnya kegiatan berskala internasional, Tour de Central Celebes (TdCC), beberapa waktu lalu, merupakan bagian dari strategi untuk perbaikan infrastruktur jalan agar semakin baik.

“Jadi dalam TdCC ini, kita memang punya tujuan meningkatkan infrastruktur jalan, baik jalan nasional, provinsi bahkan kabupaten. Jadi ini adalah strategi kita untuk meningkatkan kualitas jalan,” ungkap Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat kegiatan evaluasi TdCC tahun 2017, di aula Pogombo, Rabu (22/11). Kegiatan itu dihadiri pihak komisi IV DPRD Sulteng, Kadis Pariwisata, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Longki menyebutkan, pada kegiatan TdCC beberapa waktu lalu, pihaknya menghabiskan anggaran sebesar Rp10 miliar. Anggaran itu digunakan untuk perbaikan sejumlah jalan, jembatan dan infrastruktur penunjang lainnya.

Khusus di Tentena, Kabupaten Poso, anggaran yang terserap untuk perbaikan infrastruktur adalah sebesar Rp3 miliar.

“Jadi tidak semata-mata penyelenggaraan. Ada juga biaya untuk teman-teman wartawan. Saya kira tidak ada masalah sepanjang memang bantuan itu diarahkan ke TdCC. Malah lebih bagus,” tutur Longki.

Pada tahun 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng akan memperluas lintasan balap sepeda hingga enam kabupaten, yakni Kabupaten Banggai, Poso, Touna, Donggala, Sigi dan Kota Palu.

Dimana pada TdCC lalu, jalur lintasannya hanya di lima kabupaten, tidak sampai ke Banggai.

Menurut Longki, pihaknya juga akan melakukan MoU dengan enam kabupaten/kota tersebut sebagai upaya Pemprov untuk membantu percepatan perbaikan infrastruktur demi suksesnya gelaran TdCC selanjutnya. (NANANG IP)

loading...