Tahun Ini, SMAN 1 Palu Terima Siswa Baru 432 Orang

oleh
Suasana seleksi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Palu, beberapa waktu lalu. (FOTO: IST)

PALU – SMA Negeri 1 Palu akan mengumumkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tanggal 25 Juni 2018 mendatang, sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Budiono, Kamis (21/06) mengatakan, untuk tahun ini, peserta yang mengambil formulir sekitar 1000 orang, tetapi yang mengembalikan hanya 825 orang.

Kata dia, jumlah 825 itu melebihi daya tampung di SMA Negeri 1 Palu, yang mana hanya menerima 432 siswa-siswi baru yang akan dibagi dalam 12 rombongan belajar. Satu rombongan belajar terdiri dari 36 orang.

Dijelaskannya, seleksi dilaksanakan dua tahap, tertulis dan wawancara. Pada seleksi tahap pertama, peserta dibagi menjadi dua sesi, satu sesi terdiri dari 25 kelas dan satu kelas terdiri dari 20 sampai 25 orang.

Untuk proses pendaftaran, kata dia, peserta diwajibkan memperlihatkan Kartu Keluarga (KK) yang asli, akte kelahiran, foto copy SKHU, foto copy raport dan sebagainya.

Menurutnya, zonasi tetap menjadi prioritas. Selain itu jalur prestasi juga, yaitu sebanyak 10 persen.

“Mereka yang dinyatakan lulus, selanjutnya mendaftar ulang pada tanggal 26 sampai 29 Juni,” terangnya.

Seperti sebelumnya, pihaknya membuka Jurusan IPS, IPA dan Bahasa. Dari tiga jurusan itu minat tertinggi pada Jurusan Bahasa.

Dia berharap kepada peserta yang lulus seleksi untuk mendaftar ulang sesuai jadwal yang sudah disampaikan, karena setelah itu akan dilaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tanggal 11 Juli 2018 mendatang. (YAMIN)

loading...