Sungai Paneki Meluap, Terjang Sebuah Rumah di Pinggir Sungai

oleh
Kondisi Sungai Paneki saat ini. (FOTO: HADY)

SIGI – Satu unit rumah yang berada di tepi Sungai Paneki diterjang derasnya air yang meluap dari sungai tersebut, Jumat (10/07).

Sungai Paneki meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sigi, sejak Kamis sore hingga malam hari.

Faisal, warga Desa Pombewe, mengatakan, sejauh ini luapan air dari Sungai Paneki sudah mulai surut, tidak seperti kejadian Kamis malam, di mana air meluap sampai di jembatan bendungan yang membentang di sungai tersebut.

“Warga Desa Pombewe sejak semalam sudah waspada bila air Sungai Paneki sampai meluap ke pemukiman yang ada di dusun II. Memang ada satu rumah warga yang berada di pinggir sungai yang sempat diterjang derasnya air,” terangnya.

Menurutnya, luapan air Sungai Paneki juga membawa material kayu, namun bukan bekas penebangan karena kayu-kayu tersebut terbawa dengan akar-akarnya dan masih berukuran kecil.

Selain itu, lanjut salah satu aparat Desa Pombewe itu, check dam yang membagi air Sungai Paneki untuk pengairan pertanian dan air bersih, juga tertutup dengan kayu kayu, sehingga untuk sementara check dam tersebut belum dapat difungsikan.

“Kita akan menggerakkan warga untuk membersihkan check dam yang dipenuhi dengan kayu-kayu, sehingga air bisa kembali mengalir dan dimanfaatkan oleh warga setempat,” kata Faisal. (HADY)

Iklan-Paramitha